Manfaat Mengkonsumsi Buah Kelapa

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika mengkonsumsi daging buah kelapa (atau kelapa parut) dan olahannya (santan kelapa dan minyak kelapa), memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan orang-orang beranggapan bahwa daging buah kelapa dan olahannya tinggi akan kandungan lemak dan kurang baik untuk kesehatan. Faktanya, para ilmuwan sudah mengkonfirmasi bahwa ada banyak sekali khasiat yang bisa didapatkan.

Menurut data yang ada, hampir 1/3 penduduk dunia menggantungkan kebutuhan makanan, ekonomi, dan obat-obatan dari buah kelapa ini. Masyarakat Indonesia adalah sebagian diantaranya. Mulai dari Sabang hingga Merauke, masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengolah dan menggunakan air kelapa dan daging buah kelapa menjadi berbagai makanan, minuman, dan keperluan pengobatan serta perawatan kecantikan.

manfaat makan buah kelapa

Beberapa Keistimewaan Makan Daging Buah Kelapa dan Olahannya

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan buah kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena minyak yang terdapat dalam buah kelapa terbukti dapat mengurangi pembentukan lipoprotein. Lipoprotein ini akan muncul ketika dinding bagian dalam pembuluh arteri menjadi rusak. Ini adalah indikator yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Banyak ahli yang sepakat bahwa mengkonsumsi minyak kelapa dapat menurunkan jumlah kolesterol, mengurangi kepadatan kolesterol lipoprotein dan trigliserida. Semua hal ini dipercaya dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Menyembuhkan Infeksi Jamur
Minyak yang terdapat dalam daging buah kelapa diketahui mempunyai sifat anti jamur yang kuat. Ini dapat memberantas organisme bermasalah seperti candida albicans yang dapat tumbuh secara cepat akibat gangguan pada bakteri usus. Minyak kelapa tinggi akan kandungan asam lemak rantai medium yang dapat membunuh jamur dengan masuk ke dalam membran sel dan menyebar. Hal ini tidak saja efektif untuk membunuh organisme patogen, tapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Mengkonsumsi buah kelapa terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak pada tubuh. Asam lemak rantai medium diketahui meningkatkan tingkat oksidasi lemak pada jantung. Sebuah penelitian di Kanada meminta para relawan untuk mengkonsumsi asam lemak rantai medium secara rutin selama 27 hari. Para peneliti mengamati perubahan yang terjadi pada tingkat metabolisme para relawan. Hasilnya cukup menggembirakan, karena menunjukkan peningkatan hingga 6% pada tingkat metabolisme di tubuh para relawan.

Berikutnya baca:
Sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »