Manfaat Melon: Kulit Cantik dan Awet Muda

Melon bukan hanya sekedar buah untuk menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan dahaga. Seperti yang telah disampaikan dalam artikel utama tentang manfaat melon, salah satu khasiat yang terkandung dalam buah melon adalah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah melon banyak mengandung zat-zat/senyawa yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Postingan kali ini akan menjelaskan salah satu manfaat melon yang paling penting bagi keindahan kulit anda.

manfaat melon bagi kulit

Buah melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti anda ketahui, vitamin C adalah antioksidan yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Oksidan (radikal bebas) adalah senyawa berbahaya yang dapat merusak jaringan sel-sel pada kulit. Selain itu, fungsi vitamin C juga berhubungan erat dengan kolagen.


Manfaat Melon Membuat Kulit Awet Muda

Kolagen sendiri sebenarnya adalah senyawa protein yang berfungsi untuk mempertahankan integritas struktur sel pada seluruh jaringan ikat dalam tubuh manusia, salah satunya adalah kulit. Para peneliti telah mengambil kesimpulan bahwa keberadaan kolagen sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, selain itu kolagen juga berperan aktif untuk menjaga kekencangan dan elastisitas pada kulit.

manfaat melon oranye untuk perawatan kulit

Berdasarkan penelitian, melon merah dan melon oranye diketahui mempunyai kandungan karoteniod yang cukup tinggi. Bersama dengan vitamin E dan C, karotenoid merupakan zat yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan ampuh menangkal kanker  (paru-paru dan kulit). Selain itu, karoteniod juga dapat diubah menjadi vitamin A pada tubuh. Fungsi vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan pada jaringan kulit ari. Kecukupan akan vitamin A akan membuat kulit senantiasa terjaga kelembaban dan kelembutannya.

Jadi jika ditarik kesimpulan, manfaat melon untuk kecantikan kulit antara lain adalah untuk menjaga elastisitas dan kekencangan (awet muda), mempertahankan kelembaban dan kelembutan, serta mencegah kulit dari penyakit dan terserang kanker.

Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:


Di-Update pada 23 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »