Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Jus Semangka Untuk Mengatasi Dehidrasi

Semangka adalah buah yang banyak sekali mengandung air alami, berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Buah musiman yang biasa dipanen pada saat musim kemarau ini selain sangat menyegarkan, juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan merawat kecantikan. Manfaat jus semangka untuk mengatasi dehidrasi mungkin adalah hal umum yang sudah anda ketahui. Namun tidak ada salahnya jika saya membahas hal ini secara lebih mendalam lagi.

manfaat jus semangka untuk mengatasi dehidrasi

Apa Itu Dehidrasi Dan Bahayanya Bagi Tubuh

Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana tubuh anda mengalami kekurangan cairan. Hal ini bisa terjadi jika tubuh anda mengeluarkan cairan lebih banyak daripada yang anda konsumsi. Tubuh dapat kehilangan cairan saat anda bernafas, berkeringat, buang air kecil dan BAB. Dan proses ini dapat semakin dipercepat jika anda berolahraga, bekerja fisik berat, berada di lingkungan yang panas, mengalami demam, atau terkena diare.

Air adalah suatu hal yang vital bagi kesehatan dan kecantikan tubuh secara keseluruhan. Lebih dari 50% bobot tubuh manusia terdiri dari air / cairan. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh memerlukan kecukupan air untuk dapat bekerja dan berfungsi secara optimal. Air juga akan melumasi sendi, melancarkan proses pembuangan, dan mengatur suhu tubuh tetap stabil. Gejala kekurangan cairan diantaranya adalah jarang buang air kecil, mulut kering, rasa haus yang sangat ekstrim, sakit kepala, kebingungan, dan pusing.


Khasiat Jus Semangka

Metode sederhana untuk mengetahui apakah anda mengalami dehidrasi atau tidak adalah dengan memperhatikan urin anda. Jika tidak berwarna atau berwarna kuning muda, maka tubuh anda berarti baik-baik saja. Namun jika urin berwarna gelap, maka kemungkinan besar anda mengalami dehidrasi. Cara untuk mengatasinya tentulah dengan menambah asupan air ke tubuh, atau mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti buah semangka.

Sekitar 92% dari kandungan buah semangka adalah air alami. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Saat mengkonsumsi semangka atau membuat jus semangka, pastikan untuk mengikutkan bagian daging buah yang berwarna putih dekat kulit semangka. Bagian ini diketahui sangat tinggi akan kandungan citruline, yaitu senyawa asam amino yang membantu melancarkan aliran darah dan baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, jus semangka juga kaya akan kandungan vitamin A, B6, C, dan likopen. Likopen adalah fitonutrisi yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit mata yang disebabkan oleh degenerasi makula. Khusus untuk mengatasi dehidrasi, jus semangka juga tinggi akan kandungan kalium, yaitu mineral penting yang mengatur keseimbangan air pada sel dan ginjal.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »