Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Hubungan Buah Melon Dengan Gula Darah

Seperti yang telah dijelaskan dalam kandungan nutrisi buah melon, buah ini diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk meningkatkan kadar gula darah anda. Berdasarkan aturan umum yang berlaku, setiap makanan dan minuman yang memiliki kandungan karbohidrat diatas 5 gr per-porsinya pasti akan mempengaruhi tingkat gula darah anda. Satu cangkir porsi melon diketahui dapat mengandung hingga 15,5 gr karbohidrat. Dan karbohidrat yang terdapat di dalam buah ini adalah berasal dari kandungan gula (sekitar 14 gr/porsi) dan serat alami (sekitar 1,5 gr/porsi) dalam melon. Hubungan buah melon dengan gula darah akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

hubungan buah melon dengan gula darah

Karbohidrat Dan Gula Darah

Selama proses pencernaan, gula dan pati akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa yang akan memasuki aliran darah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar gula darah anda. Sedangkan serat tidak dapat dipecah menjadi glukosa dan akan melewati organ pencernaan tanpa tercerna. Saat tubuh anda mencerna buah melon, semua kandungan gula (sukrosa dan fruktosa) akan dipecah menjadi glukosa, yaitu bentuk senyawa gula yang paling sederhana. Molekul-molekul gula sederhana ini akan dengan mudah melewati lapisan usus kecil dan selanjutnya memasuki aliran darah. Inilah yang kemudian akan menyebabkan terjadinya kenaikan tingkat gula darah pada tubuh anda.


Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah unsur terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar pembentuk energi. Karbohidrat akan memasok tubuh dengan glukosa, yaitu bentuk gula sederhana yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Inilah alasan mengapa dari seluruh total kalori yang kita konsumsi, 45% sampai 65% diantaranya harus berasal dari karbohidrat. Jika mengacu pada aturan diet seimbang 2000 kalori, maka tubuh kita memerlukan asupan karbohidrat antara 225 gr hingga 325 gr per-harinya. Dan buah-buahan yang padat karbohidrat selalu menjadi bagian penting dalam pola diet sehat dan seimbang. Secara umum semua orang dewasa perlu untuk mengkonsumsi antara 1,5 hingga 2 cangkir porsi buah setiap harinya.

Peringatan dan Pertimbangan

Walaupun melon dapat memberikan banyak nutrisi penting bagi tubuh, namun buah ini juga akan meningkatkan kadar gula darah anda jauh lebih tinggi daripada jenis buah-buahan lain. Karena itu konsumsilah buah melon secara sewajarnya dan tidak berlebihan. Untuk mengimbanginya, anda juga boleh mengkonsumsi buah lain yang diketahui memiliki kandungan serat yang lebih tinggi secara bersamaan (selang-seling). Beberapa buah yang dianggap baik antara lain adalah jeruk, apel, pir (dengan kulitnya), pisang, dan blueberry.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »