Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Nutrisi Pada Buah Melon

Secara tekstur buah yang dipercaya berasal dari daratan Afrika dan Asia Barat ini mirip sekali dengan buah blewah. Namun buah melon mempunyai daging buah yang berwarna hijau pucat, tidak seperti blewah yang daging buahnya berwarna oranye. Dan bukan hanya itu saja perbedaannya, kandungan antioksidan dalam buah melon juga tidak sebanyak pada buah blewah. Namun walaupun begitu, buah melon menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada buah melon antara lain:

kandungan nutrisi pada buah melon

Kalori, Karbohidrat, dan Serat Pada Buah Melon

Berdasarkan data, satu porsi (sepotong) buah melon ukuran sedang memberikan sekitar 61 kalori. Dan hampir semua kalori tersebut berasal dari kandungan karbohidrat, yaitu 15,5 gr (termasuk di dalamnya 13,8 gr gula). Sedangkan untuk serat, satu potong buah ini menyumbang sekitar 1,4 gr atau setara dengan 5% dari kebutuhan harian yang disarankan. Seperti diketahui, serat larut dalam buah-buahan sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


Protein, Lemak, dan Mineral Pada Buah Melon

Lemak dan protein yang terkandung dalam satu potong buah melon tidak lebih dari 1 gr. Dimana protein yang terkandung dalam buah ini terdiri dari 18 macam asam amino yang berbeda, walaupun dalam kadar yang sangat kecil. Buah melon juga bebas dari kandungan kolesterol. Sedangkan untuk mineral, sepotong buah melon memberikan 388 mg kalium atau setara dengan 19% dari asupan harian yang disarankan. Kalium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, impul saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Sepotong buah ini juga memberikan sekitar 5% dari kebutuhan harian akan magnesium dan tembaga.

Vitamin Larut Air, Larut Lemak, dan Kandungan Antioksidan

Untuk vitamin larut air, seporsi buah melon memberikan 30,6 mg vitamin C atau setara dengan 41% (wanita) dan 34% (pria) dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan penyerapan zat besi. Seporsi buah melon juga menyumbang sekitar 5% dari kebutuhan harian akan tiamin, niasin, asam pantotenat, asam folat, dan vitamin B6 yang diperlukan untuk sistem metabolisme.

Untuk vitamin larut lemak, tidak terlalu banyak vitamin yang terdapat dalam buah melon. Satu potong buah melon ukuran sedang hanya mengandung vitamin A dan D dibawah 1%. Vitamin K yang terkandung dalam buah ini juga hanya 4,9 mcg atau setara dengan 5% (wanita) dan 4% (pria) dari kebutuhan harian yang disarankan. Sedangkan untuk antioksidan (lutein dan betakaroten), seperti pada penjelasan di awal tadi, hanya sedikit sekali kandungan antioksidan dalam buah melon.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »