Buah Kiwi VS Buah Jeruk

Secara alami buah kiwi dan buah jeruk adalah buah-buahan yang memiliki kandungan kalori rendah dan sarat dengan berbagai nutrisi bermanfaat. Kedua buah ini diketahui sama-sama berasal dari Asia, namun saat ini sudah menyebar luas ke berbagai belahan dunia dan dapat ditanam di daerah yang mendapatkan cukup sinar matahari. Secara umum buah jeruk dan kiwi dikatakan hampir sama, namun walaupun begitu, aneka nutrisi yang terdapat di dalamnya tentu memiliki sedikit variasi yang berbeda. Seperti apa jika kita membandingkan buah kiwi vs jeruk? Yang mana yang lebih unggul?

perbandingan antara buah kiwi dan jeruk

Perbandigan Antara Kiwi dengan Jeruk

Kandungan Kalorinya
Jika dibandingkan, buah jeruk memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi, namun ini karena ukuran buah jeruk memang lebih besar daripada kiwi. Satu buah jeruk yang memiliki diameter sekitar 7,5 cm dan berat sekitar 140 gr diketahui mengandung sekitar 70 kalori. Sedangkan buah kiwi yang memiliki diameter sekitar 5 cm dengan berat 70 gr diketahui mengandung sekitar 45 kalori.

Kandungan Karbohidratnya
Sumber utama dari kalori yang terdapat dalam buah kiwi dan jeruk adalah berasal dari karbohidrat, namun walaupun begitu, kedua buah ini diketahui memiliki sejumlah kecil jejak lemak dan protein. Satu buah jeruk memiliki kandungan sedikit diatas 17 gr karbohidrat, sedangkan kiwi mengandung sekitar 10 gr. Dan karena setiap gram karbohidrat sebanding dengan 4 kalori, maka karbohidrat dalam jeruk menghasilkan 68 kalori, sedangkan yang dalam buah kiwi menghasilkan 40 kalori.

Vitamin C
Buah kiwi dan jeruk adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan aliran darah, dan membantu penyembuhan luka. Kedua buah ini sama-sama memiliki kandungan vitamin C sekitar 70 mg. Jadi mengkonsumsi salah satu dari kedua buah ini akan dapat memenuhi hampir 100% dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Secara umum wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C per-harinya, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 90 mg per-harinya.

Kalsium Dalam Kiwi dan Jeruk
Buah kiwi dan jeruk adalah makanan alami yang menyediakan kalsium bagi tubuh. Mineral ini tidak hanya akan membuat tulang dan gigi menjadi kuat, namun juga berperan sebagai penyampai pesan antara sel-sel tubuh dan otak. Tubuh anda membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per-harinya. Buah kiwi dapat menyumbang sekitar 20 mg, sedangkan buah jeruk dapat memberikan 3 kali lipat lebih banyak.

Kandungan Seratnya
Tubuh anda menggunakan serat untuk melewatkan makanan yang telah dicerna dari sistem pencernaan dan menjaga pergerakan usus tetap teratur. Bagian lembut dari buah kiwi dan jeruk mengandung serat larut, sedangkan sisanya adalah merupakan serat yang tidak larut. Kedua jenis serat ini sama-sama penting walaupun memiliki peran yang berbeda. Serat larut akan menarik air, menciptakan semacam zat seperti gel yang akan memperlambat pencernaan. Sedangkan serat tak larut (serat kasar) akan tetap utuh dan melewati setiap organ pencernaan untuk membantu membersihkan dan mengeluarkannya bersama kotoran. Buah kiwi memiliki sekitar 2 gr serat per-buah, sedangkan buah jeruk mengandung sekitar 3 gr serat per-buah.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Jeruk Nipis dan Madu Bagi Tubuh
Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan Pencernaan


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

4 komentar

Write komentar
27 September 2013 21.19 delete

Kedua buah ini ternyata memiliki khasiat yang banyak. terimakasih gan tas informasinya. salam kenal

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.25 delete

Sama-sama, semoga bermanfaat! Salam kenal juga.

Reply
avatar
Anonim
9 Februari 2014 17.43 delete

thank's infonya pastinya sangat bermanfaat...smoga Allohmembalas kebaikannya..

Reply
avatar
10 Februari 2014 19.24 delete

amin.., terima kasih. saya hanya membagikan informasi saja, semoga bermanfaat!

Reply
avatar