Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Buah-Buahan Untuk Buka Puasa

Sebagai negara besar dengan mayoritas beragama Islam, masyarakat Indonesia tentu selalu menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Berbagai hidangan khas berbuka dari masing-masing kelompok masyarakat / suku yang ada di negara kita selalu siap tersaji sebelum waktu berbuka tiba. Namun perlu diingat bahwa saat berbuka kita tidak boleh langsung mengkonsumsi makanan-makanan berat. Kita harus memulainya dengan makanan yang mudah dicerna dan dapat dengan cepat mengganti energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Diantara semua pilihan yang ada, para ahli nutrisi sepakat bahwa buah-buahan adalah adalah salah satu yang terbaik. Namun tidak semua jenis buah, buah yang baik untuk buka puasa adalah buah yang mengandung gula alami, mengandung cukup air, tidak terlalu mengandung zat asam, dan tidak mengandung enzim pencernaan.


Buah Pilihan Buka Puasa

Kurma
Buah kurma untuk berbuka puasa adalah hal yang dicontohkan Rasulullah SAW. Namun bukan hanya itu saja alasannya. Para ahli nutrisi juga sepakat bahwa kurma adalah makanan super yang sangat baik untuk berbuka. Kandungan gula alami yang tinggi dalam buah ini dapat dengan cepat diserap oleh hati yang kemudian dirubah menjadi energi. Mengganti energi tubuh yang terkuras selama berpuasa adalah hal utama yang harus diperhatikan.


Apel
Apel adalah buah yang dapat dikatakan istimewa, manfaat buah apel tidak saja baik bagi orang yang sedang atau baru sembuh dari sakit. Buah ini juga merupakan buah pilihan untuk berbuka puasa. Kaya akan serat alami yang disebut dengan pektin dan antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol. Kedua nutrisi utama dalam buah apel ini sangat baik untuk menjaga organ-organ pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang memang sangat dibutuhkan selama berpuasa.

Melon
Selain tinggi akan kandungan air, buah melon juga merupakan sumber gula padat alami dan serat pangan. Manfaat buah melon bagi mereka yang berpuasa adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Seperti anda ketahui, selama berpuasa sistem pencernaan tubuh dipaksa untuk beristirahat sejenak. Karena itu, mengawali berbuka dengan buah yang baik bagi pencernaan adalah sebuah pilihan yang bijak. Selain melon, buah yang masih termasuk kerabatnya seperti semangka dan blewah juga bisa dijadikan pilihan.


Buah Yang Harus Dihindari Saat Berbuka

Seperti yang telah dijelaskan diatas, tidak semua buah dapat dijadikan pilihan untuk berbuka puasa. Pepaya, nanas, dan jeruk adalah beberapa buah yang harus anda hindari sebagai santapan awal berbuka puasa. Walaupun buah-buahan tersebut termasuk buah yang baik dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun kandungan enzim pencernaan dan zat-zat asam alaminya dapat merugikan bagi lambung yang kosong karena berpuasa.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »