Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Jambu Biji dan Manfaatnya

Buah ini mungkin tidak terlalu banyak dijajakan di pasar-pasar atau supermarket sebagai buah konsumsi umum. Jambu biji memang lebih banyak diolah sebagai minuman sari buah dan dikemas secara moderen. Buah yang mempunyai warna kulit hijau dengan daging buah putih atau merah ini memang termasuk dalam buah-buahan tropis yang terkenal mempunyai manfaat sebagai obat. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral dalam buah ini juga baik untuk kesehatan. Aneka manfaat kandungan jambu biji akan saya jabarkan lebih detail dibawah ini.

aneka manfaat kandungan nutrisi jambu biji

Berbagai Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Sumber Kalori dan Nutrisi Makro
Jambu biji dapat dikatakan sebagai sumber kalori karena kandugan kalori dalam buah ini diatas rata-rata buah yang lainnya. Mengkonsumsi 1 porsi buah jambu biji akan memberikan sekitar 112 kalori, atau setara dengan 5,6% dari asupan harian yang disarankan. Nutrisi makro yang tersimpan dalam 1 porsi buah jambu biji antara lain adalah lemak sebesar 1,5 gr (setara dengan 12% dari asupan harian yang disarankan), karbohidrat sebesar 23,6 gr (antara 9% - 11% dari asupan harian yang disarankan), serat sebesar 8,9 gr (setara dengan 25% - 32% dari asupan harian yang disarankan). Selain itu, jambu biji juga mengandung protein walau jumlahnya tidak terlalu besar, yaitu sekitar 4,2 gr per-porsinya.

Sumber Aneka Vitamin Penting
Buah ini sangat kaya akan vitamin C. Satu porsi jambu biji akan memberikan anda 628% atau jauh lebih tinggi dari asupan harian yang disarankan. Vitamin C yang melimpah ini sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga jaringan sel dari bahaya radikal bebas, dan membantu penyerapan zat besi. Selain itu, buah jambu biji juga akan mencukupi 21% vitamin A dan 20% folat per-porsinya. Inilah alasan mengapa buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya bayi lahir cacat pada ibu hamil. Masih belum cukup, jambu biji juga dilengkapi dengan sejumlah kecil vitamin B6, E, K, riboflavin, tiamin, niacin, dan asam pantotenat.

Sumber Mineral Penting
Satu porsi buah jambu biji memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan kalium harian yang disarankan. Kalium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi jantung. Selain itu, jambu biji memenuhi sekitar 19% tembaga dan 12% mangan dari jumlah asupan harian yang disarankan. Kedua mineral ini bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf, otak, dan pembuluh darah. Sebagai tambahan, 1 porsi jambu biji mengandung dibawah 10% untuk fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan selenium.

Untuk informasi tambahan, sebuah penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui manfaat kulit luar jambu biji. Penelitian ini berhasil membuktikan jika kulit jambu biji dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada tubuh. Ini mengindikasikan jika kulit buah jambu biji dapat berguna bagi mereka yang mempunyai penyakit diabetes. Namun penelitian lanjutan masih diperlukan karena baru menggunakan hewan laboratorium untuk ujicobanya. Penelitian dengan manusia sebagai objek belum pernah dilakukan.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »