Manfaat Daun Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Sebelumnya Manfaat Buah sudah menyampaikan informasi mengenai kandungan buah sirsak dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Kali ini mari membahas bagian lain dari pohon sirsak yang juga memiliki khasiat tak kalah hebatnya, yaitu bagian daunnya. Daun sirsak sudah sejak lama dimanfaatkan dalam ilmu pengobatan tradisional. Beberapa kebudayaan di dunia ini telah lama memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati berbagai macam penyakit mulai dari depresi hingga kanker. Walaupun masih diperlukan penelitian lanjutan, namun manfaat daun buah sirsak untuk kesehatan telah dirasakan oleh banyak orang. Penjelasan dibawah ini akan menjelaskan kepada anda tentang segala kegunaan daun sirsak yang mungkin tidak pernah anda bayangkan sama sekali.

manfaat daun buah sirsak untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Masalah Pencernaan
Masyarakat Karibia dan Amerika Selatan (Hutan Amazon) telah sejak lama memanfaatkan buah sirsak muda untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare dan disentri. Sementara mengkonsumsi daunnya dipercaya dapat membunuh cacing pita dan parasit yang masuk ke tubuh. Air rebusan dari daun sirsak juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya.

2. Demam
Masyarakat di Jamaika, Haiti, dan India Barat percaya dan mempraktekkan pengobatan demam dengan menggunakan daun sirsak. Sari buah sirsak dan daun sirsak secara bersamaan dapat memberikan efek yang mendinginkan suhu tubuh. Sementara masyarakat Peru biasanya menggunakan air rebusan daun (teh) sirsak untuk meredakan peradangan selaput lendir, dan kulit kayunya untuk menurunkan demam.


3. Masalah Depresi
Beberapa ahli pengobatan tradisional percaya jika kandungan alkaloid dalam daun sirsak dapat mengurangi gejala depresi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat penyerapan serotonin pada otak. Serotonin sendiri adalah hormon yang mengatur suasana hati dan emosi seperti perasaan sedih dan senang. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk mengetahui dosis yang tepat dan batas maksimal untuk mengkonsumsinya.

4. Sebagai Penenang
Masyarakat Karibia dan Amerika Selatan telah sejak lama menggunakan daun sirsak beserta akar dan kulit batangnya sebagai obat penenang. Selain itu, kombinasi ini juga digunakan untuk mengatasi masalah jantung. Namun efektifitas dan efek samping dari resep tradisional ini belum pernah tercatat dalam jurnal medis manapun. Penelitian lanjutan masih perlu dilakukan.

5. Mengatasi Kanker
Hal ini mungkin yang paling menakjubkan diantara sekian banyak manfaat dari daun sirsak yang telah diketahui. Memang hingga saat ini belum ada satupun pengobatan kanker moderen yang menggunakan teh daun sirsak untuk mengobati kanker. Itu mungkin karena pengobatan yang bersifat herbal memang tidak dapat dipatenkan dan tidak menguntungkan secara bisnis. Tapi banyak dokter yang menyarankan kepada pasiennya untuk rutin meminum teh sirsak sebagai suplemen selama terapi kanker. Banyak laboratorium di seluruh dunia juga yang telah menunjukkan bahwa senyawa fenolik yang terkandung dalam daun sirsak 1000 kali lebih efektif dibandingkan kemoterapi.

Itulah tadi penjelasan yang dapat saya berikan mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh kita. Jangan lewatkan pula untuk membaca informasi umum mengenai tanaman ini dalam artikel Manfaat Buah Sirsak yang telah saya bagikan sebelumnya.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

3 komentar

Write komentar
10 Mei 2013 19.41 delete

Terima kasih telah berbagi, sangat bermanfaat sekali tulisan-tulisan di blog ini..

Reply
avatar
5 Agustus 2015 14.08 delete

Artikelnya membantu,. Kebetulan sy lagi sakit dan dengan daun sirsak ini insyaallah bisa kembali sehat

Reply
avatar