Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Sirsak: Obat Kanker Alami

Saat ini reputasi dari buah sirsak tengah melambung, apalagi sejak semakin gencarnya media-media online yang memberitakan tentang manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Tentu semua masyarakat Indonesia sudah akrab dengan buah yang satu ini. Yah, buah yang mempunyai rasa cenderung asam dengan sedikit manis ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Pemanfaatannya sudah sangat luas dan telah diolah menjadi berbagai macam produk seperti sirup, jus, selai, es krim, hingga dodol.  Semakin banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsinya secara langsung, karena memang itu adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat dari buah sirsak ini.

manfaat buah sirsak

Asal-Usul dan Informasi Umum Buah Sirsak

Buah yang mempunyai nama berbeda di masing-masing daerah di Tanah Air ini bukanlah buah asli Indonesia. Habitat asli buah sirsak diketahui berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Masyarakat asli Amerika (bangsa Indian Amazon) sudah sejak ratusan tahun menganggap pohon dan buah sirsak sebagai tanaman keramat. Mereka mempercayai mulai dari akar, kulit kayu, bunga, buah, hingga daun sirsak mempunyai khasiat untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Tanaman sirsak pertama kali dibawa masuk ke Indonesia pada abad ke-19 oleh bangsa Belanda. Sirsak dengan cepat menyebar karena sangat cocok dengan iklim di Indonesia dan mudah dibudidayakan dengan bijinya. Berbagai kelompok masyarakat di Indonesia mempunyai sebutan yang berbeda-beda untuk buah sirsak. Masyarakat jawa menyebutnya nangka londo, masyarakat aceh menyebutnya boh lona, madura menyebutnya nangka buris, sunda menyebutnya sirsak, bali menyebutnya srikaya jawa, minangkabau menyebutnya durian betawi, nias menyebutnya durio ulondro, dan masyarakat lampung menyebutnya jambu landa.

khasiat buah sirsak

Tinggi pohon sirsak bervariasi antara 3 hingga 9 meter. Pada dasarnya tanaman ini menyukai daerah panas lembab dengan kandungan air yang banyak. Namun pohon sirsak juga dapat beradaptasi pada musim kering dengan merontokkan sebagian daunnya. Tanaman sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 500 mdpl hingga 1200 mdpl. Walaupun sudah cukup banyak penelitian tentang manfaat akar, kulit batang, dan daun sirsak, namun mayoritas masyarakat Indonesia masih membudidayakan buah sirsak hanya untuk diambil buahnya saja.


Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Berbagai penelitian yang telah dilakukan sudah mengungkapkan aneka kandungan bermanfaat yang terdapat dalam  buah sirsak. Beberapa diantaranya yang telah blog Manfaat Buah rangkum adalah sbb:
  • Karbohidrat
  • Serat diet
  • Vitamin A, B1, B2, C
  • Kalori
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Annonain
  • Muricine
  • Acetaldehyde
  • Tanin
  • Ananol, dll

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Berdasarkan data kandungan gizi di dalamnya dan beberapa hasil penelitian, buah sirsak diketahui memiliki banyak manfaat yang menakjubkan. Beberapa khasiat dari buah sirsak antara lain:
Demikian penjelasan awal tentang asal-usul, kandungan nutrisi, dan khasiat buah sirsak. Penjelasan yang lebih mendetail tentang masing-masing manfaat dari buah dan daun sirsak akan dibahas pada artikel terpisah satu-persatu. Semoga bermanfaat!

Berikutnya baca:


Di-Update pada 21 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »