Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Cuka Anggur Untuk Kesehatan

Setelah sebelumnya kita membahas kandungan nutrisi dalam buah anggur ungu, kali ini Manfaat Buah akan membahas produk olahan dari buah anggur. Bukan minuman wine, tetapi cuka. Sama seperti cuka apel, cuka anggur juga diketahui memiliki sejumlah khasiat kesehatan. Cuka adalah larutan asam asetat yang dihasilkan dari hasil fermentasi gula dengan bantuan mikroorganisme. Dapat dibuat dari semua buah dan bahan-bahan lain yang mengandung gula. Cuka anggur dihasilkan dari fermentasi lebih lanjut dari minuman wine. Larutan yang bersifat bakterisida dan sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi infeksi ini juga sering dimanfaatkan sebagai bumbu, campuran acar, dan campuran saus. Berikut ini beberapa manfaat cuka anggur untuk kesehatan yang berhasil kami himpun.

manfaat cuka anggur untuk kesehatan

Cuka Anggur Dan Khasiatnya

Cuka Anggur Untuk Menurunkan Berat Badan
Berdasarkan laporan Bioscience, Bioteknologi, dan Biokimia tahun 2009. Cuka anggur dikatakan dapat menekan akumulasi lemak pada tubuh. Penelitian dilakukan di Jepang dengan objek penelitian sejumlah orang penderita obesitas (kegemukan). Mereka dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama diminta mengkonsumsi 15 ml cuka anggur, kelompok kedua 30 ml, dan sisanya tidak mengkonsumsi sama sekali. Hal ini dilakukan secara rutin selama 12 minggu. Hasilnya, 2 kelompok yang mengkonsumsi cuka anggur mengalami penurunan berat badan, penyusutan lingkar pinggang, dan penurunan kadar trigliserida darah dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

Khasiat Cuka Anggur Terhadap Gula Darah, Insulin, dan Dibetes Tipe 2
Sebuah jurnal kesehatan di Eropa memuat penelitian untuk mengetahui apakah penambahan cuka anggur pada roti akan berdampak pada glukosa postprandial dan respon insulin. Hasil penelitian menemukan bahwa cuka anggur pada roti dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kadar insulin. Para relawan juga mengatakan bahwa cuka anggur membuat rasa kenyang bertambah. Semakin banyak cuka anggur yang ditambahkan, maka respon yang didapatkan juga semakin menonjol.

Sebuah lembaga yang meneliti tentang diabetes melaporkan bahwa cuka anggur kemungkinan besar memberikan manfaat baik bagi penderita diabetes. Para peneliti meminta sukarelawan penelitian untuk mengkonsumsi cuka anggur sebelum tidur malam. Hasilnya ketika diteliti pada pagi hari, sukarelawan mempunyai kadar gula darah yang lebih rendah. Ini adalah studi awal yang menggambarkan efek hipoglikemik cuka anggur saat terpisah dari waktu makan. Para peneliti mengatakan bahwa hal ini terjadi berkat aktifitas asam asetat pada metabolisme gula di hati. Karena itu, para peneliti berkesimpulan bahwa cuka anggur mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Manfaat Antioksidan Dalam Cuka Anggur
Seperti halnya anggur merah (lihat Manfaat Nutrisi Pada Buah Anggur Merah), cuka anggur juga diketahui kaya akan polifenol, yaitu senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang menjaga tubuh anda dari serangan radikal bebas. Kehadiran polifenol dipercaya dapat memperkecil resiko terkena penyakit jantung, kanker, peradangan, dan penyakit lain akibat radikal bebas. Semakin gelap warna cuka anggur maka semakin tinggi pula kadar antioksidan di dalamnya.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Kandungan Nutrisi Buah Anggur Ungu


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »