Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Anggur Merah: Manfaat Nutrisi Di Dalamnya

Kali ini kita akan membahas varietas lain dari keluarga buah anggur, yaitu anggur merah. Pada awal abad ke-20, diet buah anggur menjadi sangat terkenal sejak seorang ahli diet bernama Johanna Brandt mengaku sembuh dari kanker perut yang dideritanya berkat melakukan diet dengan buah ini. Namun pengakuan yang dibuat oleh ahli diet asal Amerika Latin itu masih perlu mendapatkan pengakuan secara ilmiah. Karena hingga saat ini belum pernah ada uji laboratorium yang meneliti tentang hal tersebut.

Tapi terlepas dari itu semua, kandungan nutrisi pada buah anggur merah memang dapat memberikan keuntungan untuk kesehatan tubuh. Tidak ada seorang ahlipun yang menyanggah jika buah anggur mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Namun seperti yang telah disampaikan dalam artikel sebelumnya, perbedaan warna pada buah anggur dapat menunjukkan khasiat khusus di dalamnya. Dan kali ini blog Manfaat Buah akan membahas mengenai manfaat buah anggur merah.

khasiat nutrisi pada buah anggur merah

Manfaat Anggur Merah Berdasarkan Nutrisinya

Kandungan Resveratrol Anggur Merah
Buah anggur merah diketahui kaya akan kandungan resveratrol, yaitu senyawa yang masih merupakan antioksidan polifenol. Kandungan senyawa itu terkonsentrasi pada bagian kulit anggur merah. Resveratrol diketahui mempunyai efek sebagai anti-inflamasi, anti-estrogenik, dan dapat mengaktifkan enzim hati yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari bahan kimia yang tidak diinginkan. Berdasarkan apa yang disampaikan Brant, resveratrol ini juga mempunyai peranan dalam mencegah kanker, penyakit jantung, dan dapat memperpanjang usia. Satu porsi buah anggur merah diketahui mengandung sekitar 160 gr resveratrol.

Kandungan Nutrisi Lain Buah Anggur Merah
Anggur merah diketahui bebas lemak dan kolesterol, serta relatif rendah kalori. Satu porsi buah ini mengandung sekitar 104 kalori, 1 gr serat, dan 1 gr protein. Namun perlu diingat jika buah ini cukup banyak mengandung karbohidrat. Satu porsi dari anggur merah mengandung sekitar 27 gr karbohidrat, dimana 23 gr diantaranya berasal dari kandungan gula alaminya.

Kandungan mineral dalam buah anggur warna ini dapat dikatakan cukup hebat. Dalam satu porsinya diketahui mengandung sekitar 288 mg kalium dan 0,2 mg tembaga (setara dengan 10% dari kebutuhan asupan kalium dan tembaga harian). Mengandung 0,1 mg mangan dan 0,5 mg zat besi (setara dengan 5% asupan mangan harian dan 1% asupan zat besi harian). Selain itu, anggur merah juga menyimpan sejumlah kecil magnesium, kalsium, selenium, dan seng.

Buah anggur merah diketahui sebagai sumber dari beberapa jenis vitamin penting. Satu porsi buah ini mengandung 16 mg vitamin C (setara dengan 27% dari jumlah asupan harian yang disarankan), 22 mcg vitamin K (setara dengan 28%), dan 0,4 mg thiamin (setara dengan 27%). Selain itu, anggur warna merah juga dikatakan menyimpan sejumlah kecil vitamin A, vitamin B6, vitamin E, asam pantotenat, folat, betakaroten, dan alphakaroten.

Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:


Di-Update pada 21 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »