Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Anggur: Ungu VS Putih

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah anggur, atau lebih tepatnya membandingkan antara anggur ungu dengan anggur putih (hijau). Mana yang menurut para ahli lebih baik untuk kesehatan kita? Anggur adalah buah musiman yang ketika musimnya tiba harganya menjadi sangat murah sekali. Daerah-daerah penghasil / sentra budidaya anggur di Indonesia adalah Jawa Timur (Probolinggo, Pasuruan, Situbondo), Bali, dan Kupang-NTT. Buah anggur terdiri dari banyak varietas di seluruh dunia, namun secara umum kita mengenal anggur ungu (paling banyak di Indonesia), anggur merah, dan anggur putih (hijau pucat). Walaupun sama-sama anggur, namun berdasarkan beberapa literatur yang berhasil saya kumpulkan, kandungan nutrisi dan khasiatnya ternyata tidaklah sama.

manfaat buah anggur ungu dan hijau

Manfaat Anggur: Kolesterol dan Penyakit Jantung

Walaupun semua buah pada dasarnya baik untuk kesehatan, namun tentu ada yang mempunyai khasiat lebih terhadap penyakit-penyakit tertentu. Begitu pula dengan buah anggur. Para ahli lebih menyarankan untuk mengkonsumsi buah anggur yang berwarna gelap ketimbang anggur yang berwarna cerah / pucat. Khasiat buah anggur yang berwarna gelap dianggap lebih signifikan dalam mengatasi atau mengurangi resiko penyakit serius. Warna ungu gelap pada anggur menunjukkan adanya kandungan flavonoid yang tinggi (baca Kandungan Nutrisi Buah Anggur Ungu).

Flavonoid adalah senyawa alami yang sangat kuat dan dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta kadar trigliserida. Ini sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke (lihat Jus Anggur Dan Denyut Jantung Tak Teratur). Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, anggur ungu juga mempunyai manfaat yang lebih baik ketimbang anggur putih karena memiliki kandungan senyawa anthocyanidin. Senyawa ini akan mencegah lemak yang terdapat dalam darah untuk menempel pada dinding pembuluh arteri, dan membuat pembuluh arteri tetap fleksibel. Selain itu, senyawa anthocyanidin juga dapat mengurangi tingkat stress.

Kelebihan Anggur Ungu Yang Lain

Tidak hanya unggul dalam kemampuan untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan, secara penampilan anggur ungu juga terlihat lebih menarik daripada anggur putih. Anggur ungu dapat memberikan variasi warna yang cantik dan menarik pada jenis masakan-masakan tertentu yang ada campuran buahnya. Berdasarkan ilmu psikologi masakan, ketika makanan anda terlihat indah dan lezat, maka secara otomatis tingkat kepuasan anda akan bertambah. Hal ini dapat membuat anda merasakan kenyang hanya dengan memakannya secara cukup dan tidak berlebihan. Ini tentu sangat bermanfaat dalam program diet anda.

Berdasarkan uraian diatas, tentu sudah jelas sekali jika manfaat buah anggur ungu adalah lebih banyak dibandingkan anggur putih. Namun ini bukan berarti anggur putih (hijau pucat) tidak memiliki manfaat. Pada artikel selanjutnya saya akan membeberkan apa saja khasiat buah anggur putih bagi tubuh kita.

Berikutnya baca:


Di-Update pada 21 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »