Kandungan Vitamin Dalam Buah Naga

Pada posting kali ini saya akan menjabarkan lebih lanjut mengenai aneka kandungan vitamin dalam buah naga. Dimana dalam artikel sebelumnya telah disinggung secara singkat tentang kandungan nutrisi dalam buah ini - khasiatnya untuk perawatan kulit, serta manfaatnya dalam mengatasi diabetes. Selain bentuknya yang menarik dengan varietas warna merah, putih, ungu, dan kuning, buah yang berasal dari tanaman sejenis kaktus ini terkenal kaya akan kandungan vitamin. Buah naga mempunyai banyak nama lain di masing-masing negara, antara lain disebut thang loy, pitaya roja, strawberry pear, dan la pitahaya rouge.

kandungan vitamin dalam buah naga

Aneka Vitamin Pada Buah Naga

Vitamin A dan Vitamin B Pada Buah Naga
Menurut sebuah lembaga Pertanian, buah naga dikatakan mempunyai kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan beberapa masalah kesehatan. Sepotong buah naga diketahui mengandung sekitar 0,012 g vitamin A, dimana vitamin ini tersimpan dalam bentuk karoten. Berkat kandungan vitamin A ini pula buah naga akhirnya sangat dikaitkan dengan kemampuan memori otak.

Masih menurut lembaga Pertanian tersebut, buah naga adalah buah yang sangat kaya akan keluarga vitamin B. Dalam sepotong buah naga diketahui mengandung sekitar 0,045 mg vitamin B2 (riboflavin), 0,430 mg vitamin B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin B1 (tiamin). Kehadiran keluarga vitamin B membuat buah naga bermanfaat untuk melembabkan kulit, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah, membantu memecah karbohidrat menjadi energi untuk tubuh, dan dapat meningkatkan nafsu makan ketika sedang sakit.

Vitamin C dan Mineral Dalam Buah Naga
Buah naga diketahui cukup kaya akan kandungan vitamin C. Menurut USDA, sepotong buah naga (100 gr) diketahui mengandung sekitar 9 mg vitamin C. Kehadiran vitamin ini dalam buah naga tersimpan dalam bentuk asam askorbat. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi jaringan sel dan DNA dari serangan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga memberikan manfaat kesehatan bagi kulit dan dapat mempercepat sembuhnya luka.

Buah naga juga diketahui mengandung cukup banyak mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatan. Beberapa mineral yang terkandung dalam buah ini dalam porsi 100 gr antara lain adalah kalsium sekitar 8,8 gr, fosfor sekitar 36,1 mg, dan zat besi sekitar 0,65 mg. Selain itu, buah naga juga masih menyimpan sejumlah kecil jejak mineral lain seperti kalium, magnesium, dan kromium. Selengkapnya dapat anda lihat di Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga

Berdasarkan data kandungan vitamin buah naga diatas, sepertinya memang buah ini sangat layak untuk menjadi pilihan utama dalam daftar buah yang wajib untuk dikonsumsi dan tersedia di meja makan anda.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »