Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Nutrisi Buah Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin adalah salah satu varietas jeruk yang paling sering dijumpai di supermarket-supermarket terkenal. Mempunyai kulit tipis yang mudah dikupas, jeruk ini sebenarnya masih satu varietas dengan semua jeruk keprok yang ada di Indonesia. Sebelumnya pada artikel yang lalu saya sudah membahas tentang semua khasiat yang terkandung dalam buah ini. Kali ini saya ingin membahas lebih dalam tentang kandungan nutrisi buah jeruk mandarin (jeruk keprok). Mengapa buah ini dikatakan sangat baik untuk membantu manjaga kesehatan?

kandungan nutrisi pada jeruk mandarin

Berbagai Kandungan Jeruk Mandarin

Karbohidrat dan Serat Dalam Jeruk Mandarin
Dari total keseluruhan kalori yang dikonsumsi per hari, sekitar 40% - 60% diantaranya haruslah berupa karbohidrat (menurut lembaga kesehatan). Khususnya bagi orang dewasa (pria maupun wanita). Karbohidrat adalah bahan bakar utama bagi tubuh untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Satu porsi buah jeruk mandarin diketahui memiliki total karbohidrat sekitar 26 gr. Karbohidrat yang terdapat dalam buah ini meliputi glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

Serat adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Serat pangan membantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik untuk program penurunan berat badan, dan membantu mengontrol kadar gula darah. Satu porsi jeruk mandarin diketahui mengandung sekitar 3,5 gr serat. Mungkin tidak terlalu banyak, tapi cukup sebagai variasi dari aneka makanan serat lainnya. Kebutuhan serat harian untuk orang dewasa adalah sekitar 25 gr (wanita) dan 38 gr (pria).

Kandungan Vitamin Dalam Jeruk Mandarin
Jeruk mandarin diketahui sebagai sumber vitamin A yang baik. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan dibutuhkan untuk kesehatan mata, membantu pertumbuhan pada anak-anak, membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, dan ekspresi gen. Kebutuhan harian vitamin A untuk orang dewasa adalah sekitar 2.333 IU (wanita) dan 3.000 IU (pria). Satu porsi jeruk mandarin dapat menyumbangkan sekitar 1.328 IU vitamin A untuk tubuh anda.

Vitamin B atau yang sering disebut dengan folat adalah vitamin penting yang membatu pertumbuhan dan pembelahan sel, membantu dalam metabolisme protein, dan pembentukan sel darah merah. Menurut sebuah lembaga kesehatan, setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 400 mcg folat setiap harinya. Dan satu porsi buah jeruk mandarin diketahui dapat menyumbang sekitar 31 mcg folat bagi tubuh anda.

Seperti semua varietas buah jeruk yang lain, jeruk mandarin juga merupakan sumber vitamin C yang sangat hebat. Satu porsi buah ini diketahui dapat mengandung vitamin C hingga 52,1 mg. Dalam tubuh, vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan. Sangat diperlukan dalam proses sintesis kolagen yang membantu memberikan struktur pada ligamen, tendon, kulit, dan pembuluh darah. Kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa adalah sekitar 75 mg (wanita) dan 90 mg (pria).

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Buah Jeruk Mandarin


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »