Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Apa Kelapa Parut Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan?

Indonesia sebagai negara kepulauan yang rata ditumbuhi oleh pohon kelapa memang sudah terbiasa untuk memanfaatkan pohon serba guna ini. Mulai dari akar, batang, daun, sabut, batok, daging buah, hingga air buah kelapa - semuanya bernilai ekonomis dan berharga. Khusus untuk daging buahnya, ada banyak sekali kuliner jajanan Indonesia yang menggunakan kelapa parut sebagai pelengkapnya. Banyak yang suka, namun banyak pula yang menghindarinya karena dianggap menyebabkan cacing kremi.

Ini tentu anggapan yang salah, karena bukan kelapa parutnya yang menyebabkan itu, tapi tangan orang yang memarut kelapa itu yang memang tidak bersih dan mengandung telur cacing kremi. Daging kelapa sesungguhnya dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi manusia, dan segala kandungan nutrisi itu tidak berkurang walaupun kelapa diparut. Berikut ini beberapa manfaat kelapa parut bagi kesehatan.

manfaat kelapa parut bagi kesehatan

Khasiat Kelapa Parut Bagi Kesehatan Jantung

Kelapa parut dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan minyak di dalamnya. Ini mungkin fakta baru bagi anda, karena selama ini semua orang memandang lemak jenuh dalam buah kelapa sebagai sesuatu yang buruk. Namun anggapan salah yang beredar selama ini telah dibantah oleh berbagai penelitian yang dilakukan di banyak tempat.

Menurut para peneliti di Weston A. Price Fondation, mengkonsumsi daging kelapa atau produk dari daging kelapa dapat menurunkan tingkat kolesterol secara keseluruhan. Kolesterol LDL, lipoprotein, dan trigliserida, adalah semua jejak alami yang dihubungkan dengan resiko tinggi penyakit jantung dan stroke. Selain itu, para peneliti juga menjelaskan bagaimana kandungan polifenol dalam minyak kelapa bertindak membatasi oksidasi dari kolesterol LDL. Ini saja sudah merupakan langkah penting dalam mencegah pengembangan arteriosklerosis.

Kelapa Parut Membantu Membakar Lemak

Kandungan minyak pada kelapa parut diketahui bertanggungjawab (mempunyai manfaat) dalam pembakaran lemak. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Bruce Fife, penulis dari "The Coconut Oil Miracle". Dia menjelaskan bagaimana kandungan asam lemak rantai menengah yang tinggi dalam minyak kelapa dapat sangat bermanfaat dalam pembakaran lemak di tubuh. Dokter tersebut mengatakan bahwa tidak seperti lemak lainnya, senyawa unik ini berjalan dari usus langsung menuju hati untuk oksidasi langsung. Asam lemak rantai menengah juga lebih mudah dibakar daripada lemak lainnya, hal ini menyebabkan peningkatan dalam oksidasi lemak dan tingkat metabolisme secara keseluruhan.

Kelapa Parut Sebagai Anti Mikroba

Mereka yang sedang menderita infeksi kronis juga dapat mengambil manfaat dari mengkonsumsi kelapa parut. Hal ini karena sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur yang terdapat di dalamnya. Dan lagi-lagi asam lemak rantai medium yang mengambil peran penting dalam hal ini. Dr. Fife menerangkan bahwa lemak rantai menengah (disebut demikian karena panjang dari tulang punggung senyawa karbonnya) dapat berdifusi ke dalam membran organisme patogen sebelum membunuh sel mereka dengan melarutkannya. Asam kaprilat muncul sebagai senjata yang ampuh untuk spesies jamur, sedangkan yang efektif untuk membunuh bakteri adalah asam laurat. Dan semua ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kelapa parut.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »