Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Apel Untuk Anak-Anak

Setiap orangtua dimana saja pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Begitu juga untuk urusan makanan, anda tentu ingin memberikan makanan dengan gizi terbaik agar anak anda dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna. Buah dapat menjadi alternatif sehat dan sarat manfaat sebagai pengganti makanan ringan yang biasa dimakan anak anda. Dan apel adalah salah satunya, keistimewaan buah apel untuk anak-anak tidak dapat dianggap remeh. Seperti yang telah dibahas pada artikel utama tentang manfaat buah apel, buah ini mengandung begitu banyak nutrisi bermanfaat yang memberikan efek kesehatan bagi tubuh.

manfaat buah apel untuk anak-anak

Apel Untuk Mengontrol Kalori

Masalah obesitas mungkin tidak terlalu banyak dialami oleh anak-anak di Indonesia secara prosentase, walaupun secara jumlah tidak bisa dibilang sedikit juga, khususnya di daerah perkotaan. Obesitas pada anak dapat menyebabkan masalah arthritis, deformitas tulang, gangguan tidur, asma, batu empedu, tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta masalah kesuburan ketika dewasa nanti. Belum lagi resiko diabetes yang besar kemungkinannya akan dialami juga.

Karena itu, hindari obesitas pada anak anda dengan memberi mereka makanan dengan gizi seimbang dan camilan yang sehat. Satu buah apel ukuran sedang beserta kulitnya hanya mengandung sekitar 91 kalori, bandingkan dengan sebuah permen yang mengandung 180 sampai 270 kalori. Memilih makanan yang padat nutrisi namun rendah kalori seperti buah apel akan jauh lebih baik ketimbang membiarkan anak anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori namun sangat rendah akan nutrisi. Selain itu, hal ini juga akan mengontrol berat badan anak anda selalu berada pada bobot yang ideal. Selengkapnya dapat dilihat di Diet Buah Apel

Vitamin dan Mineral Dalam Buah Apel

Buah apel kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Buah apel juga mengandung beberapa mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, dan yodium. Semua nutrisi ini sangat penting bagi perkembangan anak, karena akan menunjang pertumbuhan tulang, jaringan otot, organ, kulit, dan darah. Selain itu, buah apel juga tinggi akan kandungan antioksidan dan fitonutrien yang berfungsi untuk menangkal bahan kimia berbahaya, kanker, penyakit degenerasi makula di mata, dan bahkan mengurangi gejala asma. Antioksidan ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal bakteri dan virus. Baca juga Resep Apel Panggang Untuk Bayi

Serat Dalam Buah Apel

Seperti halnya buah-buahan dan sayuran yang lain, apel adalah sumber serat yang baik. Ketersedian serat adalah hal yang sangat vital bagi sistem pencernaan. Selain menyehatkan organ pembuangan, serat juga dapat menghindari anak anda dari masalah sembelit. Lebih lanjut, serat juga membantu dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Kandungan kolestrol jahat yang terlalu tinggi dalam tubuh akan menyebabkan pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, serta serangan jantung dan stroke. Membiasakan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat sejak dini pada anak-anak akan sangat bermanfaat untuk kesehatannya hingga saat dewasa nanti.

Apel Untuk Kesehatan Gigi

Membiasakan memperhatikan kesehatan gigi pada anak sejak dini adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orangtua. Tidak saja sebatas mengajarkan bagaimana cara membersihkan gigi, namun juga memperhatkan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Makanan olahan yang tinggi kadar gula serta kenyal akan meningkatkan resiko anak anda mengalami gigi berlubang, karies gigi, dan penyakit gusi. Memberikan satu buah apel sebagai bekal ke sekolah dapat mencegah anak anda membeli jajanan yang tinggi akan kandungan gula. Selain itu, sifat antivirus dalam buah apel dapat membantu melawan bakteri mulut, membersihkan gigi, dan memperkuat gusi.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Apel Bagi Kecantikan Kulit


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »