Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Buah Alpukat: Rahasia Cantik dan Sehat Alami

Mungkin sudah cukup banyak informasi tentang manfaat buah alpukat yang beredar di masyarakat, terutama tentang khasiatnya untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Namun bagaimana tentang manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh? Harus saya katakan, ada banyak mitos salah mengenai buah ini. Karena itu, artikel Manfaat Buah kali ini akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai buah alpukat.

Alpukat adalah salah satu pilihan favorit banyak orang jika disajikan dalam bentuk jus alpukat. Buah ini juga merupakan campuran wajib dalam beberapa resep es buah. Memang buah alpukat jarang sekali dimakan langsung karena rasanya yang agak hambar dan sedikit pahit. Namun walaupun begitu, keistimewaan buah ini sangatlah banyak, dan layak bagi anda untuk mengetahuinya.

manfaat buah alpukat

Asal-Usul dan Penyebaran Buah Alpukat

Berdasarkan catatan sejarah, buah alpukat diketahui berasal dari Meksiko (Tengah dan Selatan). Nama alpukat berasal dari kata apokat / avokad yang merupakan adaptasi dari bahasa Inggris yaitu avocado. Nama asli dari buah alpukat ini sendiri adalah "ahuacatl" (dibaca awakatl) yang berasal dari bahasa suku Indian Aztec yang mendiami sebagian besar wilayah di Meksiko dan Amerika Tengah. Bangsa Spanyol adalah yang pertama kali menyebarkan buah ini, yaitu ketika mereka menjajah Amerika Tengah pada abad ke 16.

Orang yang pertama kali memperkenalkan buah alpukat ke Eropa adalah seorang perwira militer Spanyol yang bernama Martin Fernandez de Enciso pada tahun 1519. Sejak saat itu, alpukat menyebar luas di daratan Eropa. Sedangkan untuk di Indonesia, buah ini pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda yang berhasil menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Penyebaran buah alpukat di Indonesia cukup cepat dan seringkali dijadikan sebagai pohon pekarangan.

manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Pohon alpukat bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter, dengan ukuran buah bervariasi mulai dari berat 1 ons hingga 1 kg. Kulit buahnya ada yang berwarna hijau dan ungu kecoklatan, dengan daging buah yang lembut serta berwarna hijau muda (dekat kulit) dan kuning muda (dekat biji). Kegunaan buah alpukat selama ini lebih banyak dimanfaatkan dalam bidang kecantikan (bahan dasar kosmetik) seperti produk-produk perawatan kulit dan rambut.





Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Berdasarkan hasil penelitian di banyak laboratorium, buah alpukat diketahui memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Secara umum, nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat antara lain:
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A, B2, E, C
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Serat
  • Asam Folat, dll

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berdasarkan data kandungan gizi dan hasil dari beberapa penelitian di seluruh dunia, buah alpukat diketahui bermanfaat untuk mengatasi beberapa macam gangguan kesehatan pada tubuh. Selain itu, manfaat kecantikan dari buah ini juga tidak kalah hebatnya. Berikut adalah beberapa fungsi buah alpukat:
Semoga penjelasan umum tentang asal-usul, kandungan nutrisi, dan khasiat buah alpukat diatas cukup informatif. Untuk penjelasan yang lebih mendetail tentang berbagai manfaat buah alpukat akan dibahas satu-persatu dalam artikel tersendiri.

Berikutnya baca:

Di-Update pada 14 Februari 2015

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
1 April 2013 08.36 delete

wah ternyata buah alpukat bnyak manfaat nya juga ya...!
bgus deh kalau begitu...! harus rajin rajin makan buah alpukat nih, makasih bnyaj gan atas info nya...!

Reply
avatar