Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Nutrisi Pada Buah Tomat

Seperti yang telah Manfaat Buah jelaskan pada artikel utama tentang manfaat buah tomat, buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini lebih sering dimasukkan dalam kelompok sayuran, walaupun sebenarnya tomat adalah buah. Masyarakat Perancis menjuluki buah ini sebagai "apel cinta" karena dianggap mempunyai khasiat untuk menyembuhkan lemah syahwat dan meningkatkan stamina. Kandungan nutrisi pada buah tomat memang tidak dapat dianggap remeh, sehingga tidak heran jika buah ini menjadi sangat cepat populer sejak diperkenalkan oleh bangsa Spanyol di Eropa.

manfaat kandungan nutrisi pada buah tomat

Kandungan Buah Tomat

Kalori, Karbohidrat, dan Serat Dalam Buah Tomat
Tomat adalah buah yang rendah kalori. Satu buah tomat ukuran sedang hanya mengandung sekitar 32 kalori. Karena itu, mengkonsumsi tomat / jus tomat sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet atau mempertahankan berat badan. Sebagian besar dari kalori yang terdapat dalam buah ini berasal dari karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Dalam satu buah tomat ukuran sedang tersimpan sekitar 7 gr karbohidrat dan 2,2 gr serat.

Kandungan karbohidrat dalam buah tomat tidak akan menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam gula darah, hal ini karena tomat diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Mengkonsumsi lebih banyak makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik rendah diketahui dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Sedangkan serat yang terkandung dalam buah tomat sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menstabilkan gula darah, dan mencegah terjadinya sembelit.


Protein dan Lemak Pada Buah Tomat
Kandungan protein dan lemak dalam buah ini bisa dibilang sangat sedikit. Karena itu, tomat bukanlah sumber yang baik untuk memperoleh protein dan lemak. Dalam satu buah tomat ukuran sedang hanya didapatkan sekitar 1,5 gr protein dan 0,4 gr lemak total. Seperti diketahui, fungsi protein dalam tubuh adalah untuk memproduksi sel-sel baru dan mempertahankan massa otot. Sedangkan lemak, selain berfungsi sebagai sumber energi, lemak juga membantu penyerapan vitamin-vitamin yang larut lemak.

Vitamin dan Mineral Pada Buah Tomat
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah tomat dapat dikatakan cukup hebat. Seperti diketahui, fungsi vitamin dan mineral sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh secara menyeluruh. Dalam satu buah tomat ukuran sedang tersimpan sekitar 25 mg vitamin C, 27 mcg folat, 1.499 IU vitamin A, dan 427 mg kalium.

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat baik untuk kecantikan kulit. Folat atau vitamin B diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dan DNA. Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan, kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan mata. Sedangkan kalium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kontraksi otot.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
14 Juni 2013 07.33 delete

wah ternyata banyak sekali nutri yang terkandung dalam buah tomatnya, terima kasih mas infonya sangat membantu sekali untuk saya.

Reply
avatar