Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Resep Kesehatan Tradisional Dari Mengkudu

Kali ini saya ingin membahas mengenai resep kesehatan tradisional dengan memanfaatkan mengkudu (daun, bunga, kulit batang, dan buahnya). Buah mengkudu atau yang dalam bahasa internasionalnya lebih dikenal dengan nama "buah noni" ini merupakan tanaman asli dari kepulauan Nusantara. Namun walaupun begitu, sebagian besar masyarakat Indonesia kurang mengetahui apa saja manfaat buah mengkudu yang ternyata sangat luar biasa. Mungkin hanya masyarakat Aceh saja yang terbiasa mengkonsumsi dan memanfaatkan buah yang mempunyai aroma khas ini. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia sudah semakin memperhatikan buah yang olahannya (sirup) sudah terkenal dalam pengobatan herbal di dunia. Berikut ini beberapa resep tradisional dari buah mengkudu yang biasa dipraktekkan oleh masyarakat kepulauan Hawai untuk menjaga kesehatan sejak ribuan tahun lalu:

resep obat tradisional dari buah mengkudu

Beberapa Resep Obat Tradisional

Buah Mengkudu
Mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit seperti demam, gangguan pencernaan, dan penyakit saluran pernapasan. Buah mengkudu yang masih muda / mentah dipercaya dapat menyembuhkan luka kanker mulut atau luka lainnya dalam mulut. Caranya adalah dengan menghancurkan buah mengkudu yang masih muda dan langsung diaplikasikan pada bagian yang luka. Sedangkan buah mengkudu yang sudah masak dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi infeksi mulut dan gusi, sakit gigi, dan abses. Ini karena kandungan senyawa asperuloside, eugenol, dan scopoletin dalam buah ini yang berfungsi sebagai agen anti inflamasi.


Sari Mengkudu
Sedangkan untuk sari mengkudu, beberapa penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa sari dari buah ini sangat baik untuk mengatur siklus menstruasi, menyehatkan saluran kemih, dan mengurangi arthritis. Selain itu, seorang peneliti dari Jepang juga menemukan bahwa senyawa polisakarida yang terdapat dalam sari mengkudu sangat ampuh untuk mencegah perkembangan tumor dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara memperoleh sari mengkudu ini cukup mudah. Ambil buah mengkudu yang sudah masak, kupas, lalu cuci bersih. Setelah itu buah dihancurkan, lalu saring sambil diperas dengan kain bersih.

Daun, Bunga, dan Kulit Batang Mengkudu
Rupanya bukan hanya buahnya saja. Daun, bunga, dan kulit batang mengkudu juga mempunyai khasiat yang tak kalah hebatnya. Daun mengkudu dapat dijadikan sebagai perban karena mempunyai sifat anti mikroba dan mencegah infeksi. Selain itu daun mengkudu juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk, sakit perut, dan hipertensi. Sedangkan bunga dan kulit batangnya dapat diseduh seperti teh dan diminum langsung untuk mengatasi sakit tenggorokkan, melancarkan BAB, dan menyehatkan kondisi mata.

Berikutnya baca:
Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »