Manfaat Teh Delima Untuk Kesehatan

Manfaat teh delima untuk kesehatan sudah dipercaya sejak ratusan / ribuan tahun lalu. Teh delima adalah minuman kesehatan alternatif yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan mental.

Delima sendiri termasuk dalam buah mitos, sebab walaupun secara fisik buah ini memang ada, namun sejarah buah ini penuh sekali dengan berbagai mitos di seluruh dunia. Selama ratusan tahun, pemanfaatan buah yang dikatakan berasal dari "Taman Surga" ini lebih banyak digunakan sebagai pengobatan ketimbang sebagai buah konsumsi yang komersil.

Walaupun dapat dikonsumsi secara langsung, namun buah ini lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus, saus, ataupun dikeringkan dan dijadikan teh.

manfaat teh delima untuk kesehatan

Khasiat Teh Delima Bagi Jantung

Teh delima dipenuhi oleh antioksidan tingkat tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi teh delima secara rutin dapat memperlambat (menghalangi) penumpukan kolesterol dalam arteri serta menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Selain itu, teh delima juga diketahui kaya akan senyawa polifenol, tanin, dan anthocyanin. Semua ini adalah senyawa kimia utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan racun.




Manfaat Teh Delima Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel pertama tentang manfaat buah delima, buah ini dipenuhi dengan thiamin, riboflavin, niacin, vitamin C, fosfor, dan kalsium. Tingginya kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Minum teh delima secara rutin setiap hari akan memperkecil kemungkinan bagi virus untuk menyerang dan berkembang. Selain itu, teh delima dapat mencegah terjadinya infeksi dan flu, khususnya ketika musim hujan tiba.

Khasiat Teh Delima Bagi Kesehatan Mental

Buah delima diketahui mempunyai peranan dalam mengatasi gejala depresi, khususnya bagi wanita. Penelitian tentang hal ini sudah dilakukan dan dilaporkan dalam sebuah jurnal kesehatan.

Para wanita yang sedang berjuang melawan stres akibat memasuki masa menopause diberikan produk-produk olahan seperti jus delima, ekstrak delima, dan teh delima. Hasilnya, gejala stres dan depresi diketahui semakin menurun dan stabil.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Apa Khasiat Jus Buah Delima Bagi Pria?

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »