Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kandungan Vitamin Pada Buah Tomat

Walaupun sering dikatakan sebagai sayuran, tomat sebenarnya adalah buah. Masyarakat Indonesia mengenal tomat setelah buah ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Spanyol di Filipina. Bangsa Spanyol pulalah yang pertama kali memperkenalkan buah tomat ke benua Eropa setelah Spanyol berhasil menduduki Amerika Selatan (tempat asli buah tomat berasal) sejarah lengkapnya dapat dilihat di Manfaat Buah Tomat.

kandungan vitamin dalam buah tomat

Saat ini buah tomat sudah berkembang menjadi banyak varietas berkat rekayasa genetika pertanian. Sebagian besar masakan di seluruh dunia juga tidak bisa lepas dari kehadiran buah ini. Tomat menjadi semakin naik daun setelah para ilmuwan menemukan senyawa likopen dalam buah ini. Likopen dipercaya ampuh untuk mengatasi beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan prostat (lihat Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Prostat). Selain itu, kandungan vitamin dalam buah tomat juga tidak dapat dianggap remeh.


Kandungan Vitamin Buah Tomat

Vitamin A Dalam Buah Tomat
Satu cangkir porsi tomat diketahui mengandung sekitar 58 mcg vitamin A, atau sekitar 7% dari asupan harian yang disarankan. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah infeksi pada kulit dan untuk mengontrol jerawat. Selain itu, vitamin A juga mempunyai peranan dalam pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi, serta melindungi paru-paru, ginjal, dan kandung kemih dari infeksi jamur dan bakteri.

Vitamin B3 Pada Buah Tomat
Satu cangkir porsi tomat mengandung sekitar 1,277 mg vitamin B3, atau setara dengan 8% dari asupan harian yang disarankan. Vitamin B3 atau sering juga disebut dengan niacin, berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah pada arteri dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh dalam memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk menjadi energi dan memperbaiki jaringan sel. Kedua fungsi ini sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Selain membuat kerja jantung menjadi semakin ringan, kadar LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah juga semakin berkurang.

Vitamin C Dalam Buah Tomat
Buah tomat termasuk dalam buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Satu cangkir porsi buah tomat yang sudah dimasak akan memberikan sekitar 55 mg vitamin C. Ini setara dengan 61% dari asupan harian yang disarankan. Seperti yang telah seringkali saya bahas dalam blog Manfaat Buah ini, vitamin C mempunyai sangat banyak manfaat untuk tubuh. Selain berguna untuk kecantikan kulit, vitamin ini adalah komponen penting bagi tubuh untuk melindungi jaringan sel dari serangan radikal bebas penyebab tumor dan kanker.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »