Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Kali ini Manfaat Buah akan membahas lebih detail tentang buah yang berasal dari daratan Afrika ini. Dalam artikel utama tentang manfaat buah melon di blog ini telah dijelaskan secara umum mengenai asal-usul, kandungan nutrisi dan manfaat melon untuk kesehatan dan kecantikan secara singkat. Melon adalah buah yang rendah kandungan kalori dan hampir tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Namun dilain sisi, melon mengandung banyak sekali vitamin esensial dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Karena itu, melon sangat baik untuk dijadikan sebagai buah pencuci mulut.

manfaat buah melon untuk kesehatan

Manfaat Kandungan Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin C Dalam Buah Melon

Vitamin C adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh manusia. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang mempunyai peranan dalam pertumbuhan, pemeliharaan jaringan dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta memelihara tulang. Kebutuhan rata-rata manusia dewasa untuk vitamin ini adalah sekitar 95 mg/hari (dalam keadaan normal). Hebatnya, memakan 1 porsi buah melon dapat memenuhi sekitar 60 mg dari kebutuhan vitamin C tersebut.


Vitamin A Dalam Buah Melon

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan lunak seperti selaput lendir dan sistem penglihatan yang menjaga retina pada mata. Selain itu, vitamin A juga mempunyai peranan dalam menjaga kesehatan gigi, kulit, dan tulang pada tubuh. Mengkonsumsi 1 porsi buah melon sudah dapat mencukupi kebutuhan akan vitamin A yang disarankan, bahkan melebihi. Hal ini karena melon memang mengandung vitamin A yang sangat tinggi.

Likopen Dalam Buah Melon

Likopen adalah antioksidan yang sangat kuat. Berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan pada sel-sel di tubuh manusia. Cukup banyak penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan kaitan likopen dengan penyembuhan beberapa jenis penyakit kanker dan penurunan resiko serangan jantung. Kandungan likopen pada buah melon cukup tinggi, bahkan melebihi buah tomat dalam porsi yang sama.

Kalium Pada Buah Melon

Kalium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kebutuhan rata-rata manusia dewasa akan kalium adalah sekitar 4700 mg/hari. Fungsi kalium ini adalah untuk menurunkan tekan darah dengan melebarkan pembuluh darah pada tubuh manusia. Ini membuat jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Mengkonsumsi 1 porsi buah melon dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium yang disarankan.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »