Manfaat Minyak Biji Anggur

Minyak biji anggur ini dikatakan memiliki banyak sekali khasiat kesehatan bagi tubuh. Menurut sebuah Universitas Kedokteran di Maryland, manfaat minyak biji anggur diketahui dapat membantu pengobatan beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan kerusakan kulit. Hal ini dimungkinkan karena kandungan yang terdapat di dalam minyak yang biasa disebut dengan grape seed oil ini.

Anggur adalah buah yang banyak ditanam di daerah Mediterania, Eropa, dan Amerika Utara. Untuk di Indonesia, buah ini dibudidayakan di ujung timur Pulau Jawa, Bali, dan NTT. Selain dimakan dalam keadaan segar, buah anggur juga banyak diproses menjadi jus, kismis, wine, dan cuka anggur. Dan ada satu lagi produk yang dihasilkan dari anggur - yang akan saya bahas kali ini - yaitu minyak yang diolah dari bijinya.

manfaat dari minyak biji anggur

Kandungan dan Khasiat Minyak Biji Anggur

Asam Linoleat Dalam Minyak Biji Anggur
Minyak alami ini kaya akan kandungan omega-6 atau lebih dikenal dengan sebutan asam linoleat. Senyawa yang termasuk dalam kelompok lemak esensial karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya, dan sangat tergantung dari beberapa sumber makanan yang salah satunya adalah minyak dari olahan biji anggur ini. Asam linoleat sendiri adalah lemak tak jenuh ganda yang membantu untuk menurunkan kolesterol, melindungi sistem otak dan saraf, serta untuk menjaga kesehatan kulit. Jenis makanan lain yang merupakan sumber asam linoleat antara lain kedelai, jagung, dan minyak bunga matahari.

Vitamin E Dalam Minyak Biji Anggur
Salah satu nutrisi penting pada minyak biji anggur adalah kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Dalam tubuh manusia, vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang memperkecil resiko terkena penyakit jantung, kanker, kolesterol tinggi, dan stroke. Selain itu, vitamin E juga membantu tubuh dalam penyerapan asam linoleat pada makanan. Makanan lain yang juga baik sebagai sumber vitamin E adalah kacang almond, sayur bayam, lobak hijau, dan biji gandum.

Kandungan Antioksidan Minyak Biji Anggur
Seperti yang telah disampaikan pada Manfaat Nutrisi Pada Buah Anggur Merah, salah satu antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah anggur dan minyak biji anggur adalah resveratrol. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, resveratrol bertindak sebagai antimutagen yang mencegah pembentukan tumor. Mengkonsumsi senyawa ini dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan pada penurunan resiko terkena kanker dan penyakit jantung.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Apakah Jus Anggur Mengandung Zat Besi?


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
18 September 2013 09.25 delete

benar sekali, minyak biji anggur sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. super antioksidan alami

Reply
avatar