Apakah Makan Alpukat Setiap Hari Menyehatkan?

Alpukat, buah yang aslinya berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko ini sudah dikenal oleh bangsa kita sejak masa penjajahan Belanda. Karena iklim yang cocok dan tanah yang subur, buah alpukat begitu cepat menyebar secara merata di kepulauan Indonesia.

Buah alpukat paling sering dikonsumsi dalam bentuk jus, dan penggemarnya juga sangat banyak sekali (..mungkin saya salah satunya..). Seperti yang telah diinformasikan pada artikel-artikel sebelumnya pada blog Manfaat Buah ini, alpukat mengandung begitu banyak nutrisi penting bagi tubuh kita. Namun apakah makan alpukat setiap hari menyehatkan? Itulah yang akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel kali ini.

apa makan alpukat setiap hari sehat?

Sekilas Tentang Alpukat dan Kandungan Gizinya

Secara umum buah alpukat dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok kecil, sedang, dan besar. Untuk yang kelompok kecil biasanya bentuk buahnya agak bulat dan kebanyakan berwarna ungu. Untuk kelompok sedang, biasanya bentuk buahnya menyerupai buah pir, ada yang berwarna ungu ataupun hijau. Sedangkan untuk kelompok besar biasanya hanya dijual di supermarket-supermarket, kebanyakan diimpor langsung dari Amerika, warnanya hijau terang.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, buah ini dipenuhi dengan sejumlah nutrisi yang penting dan bermanfaat. Terdapat hampir 20 nutrisi penting yang terkandung dalam alpukat, diantaranya adalah vitamin B, E, K, kalium, serat, dan asam folat.

Selain itu, buah alpukat juga dilengkapi dengan fitonutrien dan lemak. Lemak dalam buah alpukat terhitung tinggi, namun anda tidak perlu merasa kuatir, sebagian besar lemak dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini adalah tipe lemak baik yang justru bermanfaat untuk kesehatan.





Manfaat dan Keuntungan Makan Buah Alpukat

Berdasarkan fakta bahwa buah alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, maka mengkonsumsi buah alpukat bersamaan dengan makanan lemak jenuh seperti mentega dan krim dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Manfaat buah alpukat ini berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa jika lemak tak jenuh tunggal bertemu dengan lemak jenuh, maka kadar LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat yang masuk ke darah akan berkurang.

Laporan lain menyebutkan, selain bebas dari kandungan sodium dan kolesterol, buah alpukat juga akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi larut lemak dari makanan yang dikonsumsi secara bersamaan dengan buah ini. Salah satunya adalah lutein, yaitu antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan mata dan kecantikan kulit (lihat Manfaat Buah Alpukat Untuk Kulit).

Alpukat adalah buah padat nutrisi yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan (kulit dan rambut). Buah ini sangat cocok untuk dijadikan makanan alternatif sebagai pengganti daging dan produk-produk yang terbuat dari susu.

Melihat semua fakta-fakta tadi, maka disimpulkan bahwa tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini sehari-hari. Jadikan alpukat sebagai menu tambahan untuk diet anda, karena memang makan alpukat setiap hari menyehatkan.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »