Hubungan Gula Darah Dengan Buah Semangka

Pada artikel-artikel sebelumnya mengenai manfaat semangka, anda sudah mendapatkan penjelasan yang sangat detail mulai dari asal-usul, kandungan gizi, serta berbagai khasiatnya bagi kesehatan serta kecantikan. Kali ini Manfaat Buah akan khusus membahas mengenai pengaruh buah semangka terhadap gula darah dalam tubuh (berdasarkan request dari para follower).

Seperti telah anda pahami bersama, semangka termasuk salah satu buah yang memiliki rasa paling manis. Karena itu, hampir setiap orang menyukai buah ini, apalagi kandungan airnya yang tinggi membuat mengkonsumsi buah semangka akan terasa sangat menyegarkan. Lalu, bagaimana hubungan buah semangka dengan gula darah?

efek buah semangka terhadap gula darah

Indeks Glikemik Buah Semangka

Berbicara mengenai hubungan antara gula darah dalam tubuh dengan makanan, maka kita akan membahas tentang indeks glikemik. Semakin tinggi nilai indeks glikemik suatu makanan, maka semakin besar pula kemungkinan makanan tersebut untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Hal ini akan memicu pankreas melepaskan sejumlah besar insulin yang akan mendistribusikan kenaikan jumlah gula darah tersebut ke sel-sel tubuh, jaringan, dan otot. Hasil akhirnya justru dapat membuat kadar gula darah anda menjadi sangat rendah, dan ini merupakan kondisi yang kurang baik.




Lalu bagaimana dengan buah semangka? Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata buah semangka memiliki nilai indeks glikemik 72. Ini merupakan angka yang cukup tinggi (nilai 50 - 70 = sedang, nilai 70 - 100 = tinggi). Karena itu, mengkonsumsi buah semangka dapat secara signifikan memicu pelepasan insulin dari pankreas, dan dapat menyebabkan gula darah anda menjadi agak rendah beberapa jam setelah mengkonsumsinya.

Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

Anda mungkin pernah mendengar jika mengkonsumsi camilan 1 jam sebelum berolah raga atau latihan adalah yang sangat baik dan disarankan. Nah, diantara beberapa jenis camilan yang disarankan tersebut, buah semangka termasuk salah satu yang terbaik.

Mengkonsumsi buah semangka akan membuat gula darah meningkat dengan cepat, hal ini berarti otot anda akan memiliki energi yang sangat cukup untuk melakukan pekerjaan berat seperti berolah raga. Yang perlu diperhatikan hanyalah pada jumlahnya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi semangka sebelum berolah raga, cukup sekedarnya saja (100 - 200 gr). Lihat juga buah yang dapat meningkatkan tenaga disini

Hubungan Semangka dengan Diabetes

Walaupun buah semangka dikatakan cukup aman dan bisa jadi bermanfaat bagi penderita diabetes (lihat efek semangka bagi penderita diabetes), namun anda tetap harus mengontrol jumlah asupan yang anda makan.

Seperti telah dipahami bersama, para penderita diabetes memiliki masalah dengan pengendalian gula darah dalam tubuh, karena kurangnya insulin (resistensi insulin). Kenaikan gula darah yang sangat cepat akan membuat kadar gula darah penderita diabetes menjadi sangat tinggi.

Dan ini tentu berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, kebutaan, kerusakan saraf, dan stroke. Jadi batasi konsumsinya untuk tidak lebih dari 200 gr /hari.

Berikutnya baca:

Yang sebelumnya:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
19 April 2014 pukul 15.53 delete

berarti semangka ini bisa dijadikan salah satu cemilan sehat untuk yang sedang diet (ini menurut saya seh).. thanks infonya

Reply
avatar