Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Mengapa Nanas Baik Untuk Anda?

Nanas adalah buah serbaguna yang dapat anda nikmati sebagai makanan penutup atau pencuci mulut, campuran dalam salad buah, campuran dalam kue, atau sebagai pemanis (garnish) dalam masakan daging dan sayuran. Buah ini tersedia sepanjang tahun dan sudah banyak dikemas dalam bentuk olahan seperti buah kaleng, selai, jus, serta manisan. Lalu mengapa nanas baik untuk anda? Secara umum jawabannya adalah karena nanas merupakan sumber vitamin C yang tinggi, serta memasok sejumlah besar kalium dan mangan bagi tubuh. Selain itu, buah nanas juga diketahui bebas lemak, rendah sodium, sumber serat yang baik, dan mengandung sejumlah enzim yang bermanfaat dalam penyembuhan dan pencegahan sejumlah penyakit utama.

mengapa buah nanas baik untuk tubuh

Aneka Vitamin dan Mineral Utama

Walaupun selama ini buah yang paling banyak diasosiasikan dengan vitamin C adalah buah jeruk, namun buah nanas juga mengandung vitamin C yang hampir sama banyaknya untuk porsi yang sama. Satu cangkir porsi nanas diketahui mengandung sekitar 78,9 mg vitamin C, 180 mg mineral kalium, dan sangat tinggi akan mineral mangan sebesar 1,53 mg. The Institute of Medicine merekomendasikan untuk mengkonsumsi mangan antara 1,6 mg hingga 2,3 mg per-harinya, tergantung usia dan jenis kelamin. Tubuh kita sangat membutuhkan mangan untuk menunjang pertumbuhan yang normal. Selain itu, mineral ini juga berfungsi untuk membantu memecah lemak, karbohidrat, dan protein.


Lemak dan Sodium Buah Nanas

Buah nanas secara alami tidak mengandung lemak dan sangat rendah sodium. Satu cangkir porsi nanas hanya mengandung sekitar 2 mg sodium, yaitu jumlah yang bisa diabaikan. Banyak organisasi kesehatan yang menyarankan agar kita tidak mengkonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium per-harinya. Dan American Heart Association menyatakan bahwa, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung harus membatasi asupan sodium harian mereka tidak lebih dari 1.500 mg.

Enzim Bromelain Nanas

Buah nanas segar adalah satu-satunya sumber enzim bromelain, yaitu kombinasi dari enzim pencerna protein yang membantu melawan peradangan dalam tubuh. Menurut University of Maryland Medical Center, bromelain sangat efektif terutama untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan infeksi dan cidera. Para ahli telah mencatat bahwa beberapa penelitian telah mengindikasikan jika enzim bromelain dapat membantu mengobati luka bakar, radang sinus, gangguan pencernaan, radang sendi, asma, dan infeksi. Namun manfaat-manfaat tersebut baru berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan. Efek bromelain nanas pada manusia masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Perhatian dan Peringatan

Jangan gunakan nanas segar ataupun beku sebagai campuran gelatin karena enzim alaminya akan mencegahnya membeku. Buah nanas kalengan diketahui aman dan tidak akan menimbulkan masalah. Bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi nanas sebelumnya, maka perlu diperhatikan jika sebagian orang mungkin akan mengalami alergi terhadap buah ini. Efek samping buah nanas diketahui dapat menimbulkan gatal-gatal, bengkak atau eksim, mengi, hidung tersumbat, kesulitan bernafas, rasa pusing, hingga dapat menyebabkan pingsan. Jika anda mengalami reaksi yang ekstrim setelah mengkonsumsi nanas seperti kesulitan menelan atau bernafas, denyut nadi menjadi cepat, kehilangan kesadaran, atau kulit dan kuku menjadi biru, maka segeralah mencari pertolongan medis untuk mencegah hal-hal yang lebih parah.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »