[Khusus Wanita] Rahasia "Jalan Pintas" untuk Mudah Mendapatkan Jodoh dan Memikat Pria Idaman

Selengkapnya >> Klik DISINI

Kandungan Nutrisi Kelapa Parut

Bagi masyarakat kepulauan seperti di Indonesia, buah kelapa sudah menjadi sumber nutrisi penting sejak ribuan tahun lalu. Pohon serbaguna ini memang tersebar secara merata di seluruh wilayah kepulauan di dunia. Ada banyak sekali kuliner makanan dan jajanan di Indonesia yang menggunakan olahan daging buah ini seperti minyak, santan, dan kelapa parut sebagai pelengkapnya. Khusus untuk kelapa parut, kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai kandungan nutrisi dalam kelapa parut. Mengetahui kandungan nutrisi pada buah ini dapat membantu anda mengatur porsi dalam mengkonsumsinya.

kandungan nutrisi pada kelapa parut

Berbagai Nutrisi Dalam Kelapa Parut

Kandungan Kalori Kelapa Parut
Kalori pada makanan adalah nilai dari jumlah energi yang dapat dihasilkan oleh makanan tersebut. Jika kita memakan terlalu banyak kalori diluar kebutuhan energi kita, maka kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Khusus untuk kelapa parut, mengkonsumsi 3 sdm kelapa parut diketahui dapat memberikan sekitar 75 hingga 100 kalori pada tubuh kita.

Kandungan Lemak Kelapa Parut
Buah kelapa diketahui sebagai sumber lemak yang tinggi. Dalam 3 sdm kelapa parut dapat mengandung sekitar 10 gr lemak total dan 9 gr lemak jenuh (tanpa lemak trans). Berdasarkan saran dari sebuah organisasi kesehatan, setiap orang harus membatasi mengkonsumsi lemak total hanya sekitar 25% - 35% dari keseluruhan kalori, asupan lemak jenuh hanya 7% dari keseluruhan kalori, dan lemak trans dibawah 1% dari keseluruhan asupan kalori per-harinya.

Berdasarkan data diatas, kelapa parut memang tinggi akan kandungan lemak jenuh, namun lemak jenuh dalam buah kelapa adalah lemak jenuh rantai medium. Dan hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa jenis lemak jenuh ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol, bahkan bisa jadi mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Kandungan Karbohidrat Kelapa Parut
Karbohidrat dalam makanan bertidak sebagai sumber energi utama. Dan menu makanan yang sehat haruslah mengandung 45% - 65% karbohidrat dari keseluruhan total kalorinya. Sedangkan serat dibutuhkan untuk meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Wanita dewasa membutuhkan 21 gr - 25 gr serat per-harinya, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 30 gr - 38 gr serat per-hari. Dalam 3 sdm kelapa parut anda mendapatkan sekitar 4 gr karbohidrat dan 2 gr serat.

Kandungan Protein Kelapa Parut
Dalam 3 sdm kelapa parut terdapat sekitar 1 gr protein. Ketika dikonsumsi, protein pada makanan tersebut akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membangun kembali protein pada sel, jaringan, dan otot tubuh. Berdasarkan aturan kesehatan tubuh, pria dewasa hanya membutuhkan sekitar 56 gr protein per-hari, sedangkan wanita dewasa lebih sedikit yaitu hanya sekitar 46 gr per-harinya.

Sedikit tambahan selain protein, 3 sdm kelapa parut diketahui mengandung sekitar 5 mg natrium. Secara alami ini adalah jumlah yang rendah, dan ini juga sesuai dengan aturan kesehatan yang ada. Setiap orang memang harus membatasi mengkonsumsi natrium tidak lebih dari 2.300 mg per-harinya, karena kelebihan natrium dalam menu makan dapat meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Kelapa Parut Bagi Kesehatan


Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »