Efek Samping Buah Sirsak

Sirsak adalah sebutan untuk pohon dan buah yang sudah sejak lama digunakan oleh para ahli pengobatan herbal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Biji sirsak diketahui ampuh sebagai pembasmi kutu di rambut, sedangkan jus buah sirsak dipercaya ampuh untuk mengobati kusta oleh sebagian kebudayaan masyarakat. Hingga saat ini para ilmuwan masih terus mempelajari aneka khasiat dari pohon dan buah ini, khususnya mengenai khasiat sirsak bagi penyakit kanker (lihat Beberapa Penelitian Sirsak Terhadap Kanker). Namun tidak hanya itu saja yang masih diselidiki oleh para ilmuwan, beberapa penelitian juga dilakukan untuk mengetahui kemungkinan dari efek samping buah sirsak.

efek samping buah sirsak

Bagian-bagian dari sirsak mulai dari akar, kulit batang, hingga buahnya diketahui mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai alkaloid mampu memberikan dampak fisiologis pada manusia. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis tahun 2002 mencatat bahwa tingginya angka penderita gangguan motorik seperti Parkinson yang terjadi di India Barat terkait dengan konsumsi sirsak yang tinggi. Namun penelitian yang dilakukan tersebut baru menggunakan neuron dalam tabung kultur. Penelitian yang langsung melibatkan manusia masih diperlukan untuk benar-benar dapat mengetahui resiko dari buah sirsak, begitu pula  untuk manfaatnya.


Efek Samping Daun Sirsak Dan Bagian Lainnya

Potensi dan Manfaat Sirsak
Secara tradisional akar, kulit kayu, bunga, daun, dan buah sirsak telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai obat untuk mengatasi masalah perut, meredakan demam, menenangkan saraf, dan berbagai masalah kesehatan lainnya (lihat Manfaat Buah Sirsak). Walaupun belum pernah ada uji klinis yang dilakukan untuk membuktikannya, namun pengobatan-pengobatan tradisional tersebut diketahui manjur bagi banyak orang yang telah menjalaninya.

Sedangkan secara ilmu kedokteran moderen, berbagai penelitian yang telah dilakukan di banyak laboratorium melaporkan bahwa ekstrak buah sirsak berpotensi untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Antara lain yang tercatat adalah untuk mengatasi masalah peradangan uretra, masalah liver, kusta, menghambat pertumbuhan sel kanker yang kebal terhadap obat-obatan, membunuh virus, mengatasi peradangan, menurunkan gula darah, hingga membantu mengatasi masalah keracunan.

Saran Pengkonsumsian Buah Sirsak
Sebelumnya pada artikel "Kandungan Buah Sirsak Dan Manfaatnya" sudah dijelaskan apa saja nutrisi yang terdapat dalam buah ajaib ini. Sirsak adalah sumber karbohidrat, vitamin B1, B2, C, kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng yang baik. Mengkonsumsi buah sirsak segar secara wajar diketahui tidak akan memberikan efek samping apapun, dan justru akan meningkatkan kesehatan tubuh. Peringatan hanya diberikan bagi anda yang ingin mengkonsumsi ekstrak / suplemen sirsak, baik yang berasal dari buah ataupun daunnya. Bagi anda yang menderita penyakit parkinson atau gangguan gerak motorik lainnya disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah sirsak. Ibu hamil dan menyusui juga disarakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
27 Agustus 2014 pukul 05.28 delete

sebenarnya kagak terlalu suka ama buah ini tapi berhubung banyak banget manfaatnya ya...coba deh mulai mengkonsumsi buah ini..

Reply
avatar