Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Buah Pepaya Dan Perut Mulas

Seperti yang telah banyak diinformasikan sebelumnya, manfaat buah pepaya bagi tubuh manusia tidak dapat dianggap remeh. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum. Kandungan aneka enzim pada buah pepaya juga telah diteliti dan terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan (lihat Manfaat Enzim Pada Buah Pepaya). Lantas apa hubungan antara buah pepaya dengan perut mulas? Sebenarnya ini masih ada kaitannya dengan manfaat enzim yang terkandung dalam buah ini. Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk pencernaan dan mengatasi rasa mulas pada perut.

buah pepaya untuk perut mulas

Hasil Penelitian dan Kegunaan Buah Pepaya

Buah pepaya diketahui mengandung enzim bernama papain yang ditemukan dalam daun, biji, dan daging buahnya. Enzim ini diketahui sangat bermanfaat bagi pencernaan dan dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan. Sayur daun pepaya sudah lama dipraktekkan dalam ilmu pengobatan tradisional sebagai obat untuk meredakan gangguan pencernaan. Selain itu, buah ini juga diketahui dapat bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai anti peradangan, dan baik untuk paru-paru.

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan enzim papain yang tertinggi terdapat dalam daging buah yang masih mentah. Dalam dunia medis moderen, daging buah yang masih mentah ini akan diekstraksi untuk menghasilkan suplemen papain. Namun bagi sebagian masyarakat Indonesia, mereka terbiasa mengolah pepaya mentah untuk dijadikan sayur. Dan ini diketahui sama bermanfaatnya.


Peringatan Tentang Efek Samping

Berdasarkan beberapa hasil ujicoba di laboratorium, para peneliti menyarankan kepada wanita hamil dan menyusui untuk menghindari buah pepaya. Dikhawatirkan enzim papain dalam buah pepaya dapat berbahaya bagi janin maupun bayi. Hal ini karena enzim papain terbukti bertindak sebagai racun pada janin tikus laboratorium. Baca : Amankah Buah Pepaya Bagi Ibu Hamil?

Hal lain yang patut dipertimbangkan adalah berdasarkan pada beberapa catatan tentang kesehatan. Walaupun langka dan jarang terjadi, namun sebagian kecil orang diketahui dapat mengalami berbagai efek samping setelah mengkonsumsi buah ini. Beberapa efek samping tersebut antara lain adalah rasa mengantuk yang sangat, mual, muntah, detak jantung menjadi lambat, dan rasa sakit pada bagian perut. Selain itu, terdapat pula catatan mengenai reaksi alergi yang parah pada beberapa orang (sangat langka). Walaupun perbandingannya mungkin hanya 1 berbanding puluhan / ratusan juta orang, namun alergi pada pepaya diketahui dapat berakibat sangat fatal. Segera bawa ke rumah sakit jika anda menemukan tanda-tanda pembengkakan pada mulut dan tenggorokan setelah mengkonsumsi pepaya.


Yang mungkin juga bermanfaat:

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »