Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Apakah Buah Dapat Memberikan Energi?

Mengkonsumsi buah-buahan adalah cara termudah untuk melengkapi nutrisi dan vitamin dari makanan pada tubuh kita. Tidak ada satu orang pakarpun yang menyanggah tentang manfaat buah untuk hal ini. Dan semua ahli nutrisi selalu menyarankan kepada kita untuk selalu mengkonsumsi 1,5 hingga 2 porsi buah setiap harinya. Lalu apakah buah dapat memberikan energi? Seperti semua makanan yang lain, buah juga mengandung kalori. Kalori adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan jumlah energi dalam makanan. Selain kalori, vitamin dan mineral dalam buah juga mempunyai peran dalam ketersedian energi pada tubuh kita.

manfaat buah-buahan untuk meningkatkan energi

Kalori dan Antioksidan Pada Buah

Secara umum semua buah-buahan pasti mengandung fruktosa, yaitu bentuk gula alami sederhana. Fruktosa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dan memasuki aliran darah daripada jenis gula sederhana lainnya. Biasanya dalam 1 gr fruktosa yang masuk ke tubuh anda, anda akan mendapatkan 4 kalori. Karena dicerna dan memasuki aliran darah secara perlahan, fruktosa akan membuat tingkat gula darah anda menjadi lebih stabil dibanding sumber pati seperti nasi dan kentang. Secara umum setiap porsi buah-buahan mengandung sekitar 70 hingga 100 kalori. Diantaranya adalah buah apel, pisang, anggur, dan buah nanas.

Selain kalori, buah-buahan menyimpan sejumlah besar antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan akan meminimalisir efek berbahaya dari radikal bebas yang merusak sel. Se-sel tubuh yang sehat akan membuat anda selalu merasa berenergi dan tidak mudah lelah. Buah yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi diantaranya adalah stroberi, blueberry, plum, kismis, dan buah jeruk.


Manfaat Lain dan Saran Dari Ahli

Buah-buahan juga mengandung nutrisi lain seperti kalium, folat, serat, dan aneka vitamin. Fungsi dari kandungan nutrisi tersebut secara umum adalah untuk membantu sistem metabolisme, yang dapat membuat anda merasa lelah jika kekurangan salah satunya. Hal ini karena tubuh anda dipaksa bekerja lebih untuk menutupi kekurangan salah satu nutrisi tersebut. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anda menjadi lebih fit.

Menurut seorang pakar diet, anda boleh mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak, namun anda tetap harus menyesuaikan jumlah kalori yang masuk. Jika jumlah kalori dari makanan lain sudah banyak, dan anda mengkonsumsi buah juga dalam porsi yang banyak, maka kemungkinan terbesar anda akan mengalami kegemukan. Obesitas (kegemukan) akan membuat seseorang mudah merasa lesu.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, apabila anda akan melakukan olahraga otot yang membutuhkan ketahanan, maka sesaat sebelum latihan dan selama latihan tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi buah. Selama otot anda bekerja, maka darah yang ada di sistem pencernaan akan dialihkan ke otot anda, ini akan membuat organ pencernaan dapat mengalami kram apabila dipaksa untuk mencerna. Selain itu buah memerlukan air yang banyak untuk dapat dicerna dengan maksimal, dan karena organ pencernaan tidak dapat bekerja maksimal, maka buah akan dicerna seadanya dan anda dapat mengalami diare.

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »