5 Fakta Manfaat Buah Alpukat

Untuk melengkapi artikel utama dan artikel-artikel lainnya tentang buah alpukat, kali ini Manfaat Buah ingin kembali membahas buah yang sebenarnya sangat baik namun banyak dihindari orang karena kurangnya informasi yang benar tentang buah ini.

Buah yang aslinya berasal dari Meksiko dan pertama kali dibawa masuk ke Indonesia oleh bangsa Belanda ini telah menyebar sangat luas di Tanah Air. Bahkan banyak yang mengira jika buah alpukat adalah tumbuhan asli Indonesia. Berikut ini 5 fakta manfaat buah alpukat yang harus anda ketahui.

5 fakta tentang manfaat buah alpukat

1. Alpukat Adalah Sumber Lemak Baik

Buah alpukat memang merupakan sumber lemak. Setiap 100 gr daging buah alpukat mengandung sekitar 9 - 10 gr lemak, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain. Mungkin ini alasan mengapa banyak orang menghindari buah ini. Namun sebenarnya anda tidak perlu merasa kuatir. Sebagian besar lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda disebut sebagai lemak baik karena kedua jenis lemak ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan berhubungan dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Untuk diet yang sehat, anda dapat mengganti makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh (seperti mentega, keju, dan daging merah) dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh (seperti alpukat, minyak sayur, dan kacang-kacangan).

Baca juga:

2. Alpukat Adalah Sumber Serat

Jika melihat daging buahnya, mungkin tidak pernah ada yang mengira jika buah alpukat adalah sumber serat yang baik. Setiap 100 gr daging buah alpukat mengandung sekitar 4 - 4,5 gr serat. Ini sama saja dengan 10% - 20% dari jumlah asupan serat harian yang disarankan untuk orang dewasa. Jumlah ini tentu dapat dikatakan luar biasa sebagai salah satu sumber serat bagi tubuh anda.





3. Buah Alpukat Adalah Buah Hijau

Jika mengacu pada pola makan sehat yang dianjurkan oleh para ahli nutrisi, maka setiap orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 4 - 6 porsi campuran aneka buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Aneka warna yang terkandung dalam buah dan sayur menunjukkan perbedaan khasiat yang ada di dalamnya.

Alpukat dimasukkan dalam buah-buahan hijau. Buah ini merupakan sumber yang baik akan vitamin C, B6, K, folat, dan kalium. Dan karena buah alpukat padat akan nutrisi, maka 100 gr buah ini setara dengan 1 porsi buah hijau.

4. Kandungan Lain Dalam Buah Alpukat

Kandungan senyawa lain selain vitamin, mineral, dan serat dalam buah-buahan dan sayuran juga merupakan salah satu alasan mengapa kita disarankan untuk banyak mengkonsumsinya.

Disebut dengan fitonutrien, senyawa ini dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Fitonutrien yang terdapat dalam buah alpukat adalah macam-macam karotenoid, termasuk di dalamnya yaitu lutein (antioksidan yang mencegah kerusakan pada mata akibat bertambahnya usia). Buah alpukat juga mengandung senyawa sterol yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kadar lipid pada darah.

5. Alpukat Sebagai Makanan Pengganti Yang Sehat

Karena lemak yang terkandung dalam buah ini adalah jenis lemak baik, maka alpukat dapat dijadikan sebagai pengganti yang sehat untuk produk-produk makanan lain yang mengandung lemak jenuh. Anda dapat mengoleskan alpukat tumbuk diatas roti sebagai pengganti mentega. Anda juga dapat mengganti potongan keju pada sandwich dan salad dengan irisan buah alpukat. Buah ini adalah alternatif baik untuk menjalani hidup sehat.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Cara Membuat Masker Buah Alpukat

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

4 komentar

Write komentar
17 Juli 2013 21.19 delete

Terimakasih sob atas informasinya tentang Alpuker, lumayan nih buat nambah pengetahuan.

Reply
avatar
21 September 2013 08.59 delete

ternyata manfaat buah alpukat lumayan banyak ya untuk kesehatan, tapi sayangnya saya kurang menyukai buah yang satu ini. terimakasih banyak informasinya. sangat informatif

Reply
avatar
30 Januari 2014 19.33 delete

Sama-sama mas Imam, semoga bisa menambah pengetahuan. Terima kasih sudah mampir.

Reply
avatar
Tan
25 Agustus 2014 22.31 delete

terkadang orang salah kaprah ngira buah alpukat bqin gendut. saya konsumsi 1 buah alpuket selama 3 hari berasa khasiatnya. yang biasanya kerempeng, skg berisi. hehe

Reply
avatar