Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Manfaat Minum Jus Pepaya

Pada artikel-artikel sebelumnya tentang manfaat buah pepaya, saya sudah menjelaskan khasiat dari buah ini untuk program diet dan perawatan kulit. Kali ini saya ingin menerangkan khasiat lain dari buah pepaya untuk tubuh, terutama jika dibuat jus. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu berarti antara manfaat minum jus pepaya ataupun dengan cara dimakan langsung. Semua nutrisi dan zat penting dalam pepaya sama-sama akan diserap oleh tubuh. Perbedaanya hanyalah, pepaya yang dibuat jus akan lebih cepat dicerna, dan penyerapan akan kandungan nutrisinya juga menjadi lebih optimal.

manfaat minum jus pepaya

Manfaat Jus Pepaya Untuk Hipertensi

Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum jus pepaya sangat potensial untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Senyawa yang terdapat dalam buah pepaya diketahui secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dalam pembuluh arteri atau MAP (yaitu tekanan darah rata-rata pada setiap orang). Hasil ini didapat berdasarkan penelitian yang menggunakan tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pepaya bekerja dengan membuat rileks otot-otot pembuluh darah. Dan inilah yang membuat tekanan darah menjadi berkurang.


Yang perlu dibaca juga:

Jus Pepaya Sebagai Antioksidan

Jus pepaya diketahui mengandung antioksidan yang mampu untuk mengikat dan membuang radikal bebas, limbah yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan, dan zat racun seperti nikotin dalam asap rokok. Radikal bebas adalah penyebab terjadinya kerusakan sel yang mengakibatkan penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Ujicoba yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa jus pepaya memberikan efek perlindungan yang sangat signifikan terhadap stress oksidatif.

Khasiat Jus Pepaya Dalam Pengobatan Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis adalah suatu penyakit genetik yang bersifat kronis dan progresif, menyebabkan tubuh memproduksi lendir yang tebal dan lengket secara berlebihan. Hal ini akan membuat lendir menumpuk pada saluran pernapasan yang mengakibatkan seseorang menjadi kesulitan dalam bernapas. Lama kelamaan lendir juga akan menumpuk pada daerah pankreas, yang mengakibatkan gangguan serius pada proses pencernaan makanan. Buah pepaya yang tinggi akan kandungan enzim papain dapat membantu mengatasi gangguan pada proses pencernaan makanan ini.

Untuk diketahui, kandungan enzim papain yang paling tinggi terdapat dalam pepaya muda (baca Manfaat Enzim Pada Buah Pepaya). Namun karena pepaya muda bersifat racun, maka proses pemasakan perlu dilakukan sebelum dikonsumsi. Jadi bagi anda yang biasa memakan sayur pepaya, jangan ubah kebiasaan anda tersebut!

Bantu saya membagikannya

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »